Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta para atlet sepatu roda daerah itu ikut memberikan prestasi terbaik pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Sumut-Aceh 2024.

"Di Sumut ini ada 33 kabupaten/kota, sekitar 16 juta rakyat Sumut, kalian masih punya waktu mencari bibit atlet sepatu roda yang terbaik," ujar Edy Rahmayadi pada pelantikan Pengurus Provinsi Perserosi Sumut masa bakti 2023-2027 di Medan, Minggu.

Menurut Edy Rahmayadi, keberhasilan seorang atlet juga tidak terlepas dari peran pelatih. Pelatih adalah tokoh yang sangat berperan dalam melahirkan atlet berprestasi hebat hingga kelas dunia.

"Coach atau pelatih, merekalah yang bisa menentukan siapa pun dia untuk meraih prestasi. Karena pelatih itu berbicara pakai hati, pelatih itu tidak melihat siapa dia, mau hitam, putih, cantik, jelek, tak ada urusan, dia harus membimbing kesuksesan prestasi seorang atlet," kata Edy Rahmayadi.

Ia menyampaikan, dalam sebuah pertandingan atau kompetisi apa pun, kalah dan menang merupakan hal yang biasa terjadi. Namun, meraih kemenangan pastinya menjadi tujuan dan harapan utama.

"Kalah menang itu bukan persoalan, tapi kita harus berlatih, lebih baik mandi keringat di daerah latihan dari pada kalian harus menanggung malu di dalam pertandingan," sebutnya.

Untuk itu, Edy Rahmayadi berharap kepada Pengprov Perserosi Sumut untuk mempersiapkan fisik, skill serta penguatan mental para atlet saat bertanding. Perserosi harus selalu di depan dan membangun optimisme para atlet.

"Kalian sebagai komandan harus di depan, optimisme harus dibangun, ini penting untuk dukungan prestasi atlet-atlet Sumut," kata Edy.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Porserosi Ardiansyah berharap pelantikan kepengurusan ini menjadi komitmen bersama untuk mengembangkan olahraga sepatu roda di Sumut.

"Kami berharap Perserosi Sumut bisa jauh lari ke depan, tidak saja membentuk 17 Pengcab, tapi bisa lebih dari itu dengan kekompakan organisasi menjadikan sepatu roda lebih dikenal masyarakat hingga ke pelosok Sumut," ujar Ardiansyah.

Sementara itu, Ketua Persoresi Sumut Ahmad Yasir Ridho Lubis mengatakan akan memajukan dan memasyarakatkan olahraga sepatu roda di Sumut dengan melakukan konsolidasi internal serta  menargetkan 17 pengurus cabang Perseroai di kabupaten/kota se-Sumut.

"Untuk pembentukan Pengcab tersebut, diharapkan dukungan dari semua pengurus. Sehingga target minimal tiga medali emas pada PON XXI di Sumut- Aceh bisa dicapai," ujar Yasir.

Pewarta: Anggi Luthfi Panggabean

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023