Pegawai Muslim Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara beserta Pengajian Al-Hijrah pada Hari Raya Idul Adha 1444 H melaksanakan pemotongan hewan kurban di Lau Dendang, Kecamatan Percut Sei Tuan, Kabupaten Deli Serdang,  Sumatera Utara, Jumat.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban ini selain sebagai ibadah yang dilaksanakan kaum Muslimin juga merupakan bentuk kepedulian sosial terhadap masyarakat sekitar. Daging hewan kurban disalurkan kepada Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri (PPNPN) di Lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumut dan warga sekitar.

Pada Idul Adha 1444 H ini bantuan hewan kurban dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H. Laoly diserahkan satu ekor lembu yang diperuntukkan bagi Pesantren Al-Kautsar di Jalan Pelajar, Kecamatan. Medan Denai, satu ekor lembu untuk Kanwil Kemenkumham Sumut, empat ekor lembu dan satu ekor kambing dari Jamaah Pengajian Al-Hijrah Kanwil Kemenkumham Sumut. 

Bantuan hewan kurban ini merupakan bentuk kepedulian Menkumham beserta jajaran Kanwil kemenkumham Sumut pada sesama, terutama masyarakat yang berada di sekitar Pondok Pesantren Al-Kautsar. 

Kepala Kantor Wilayah Imam Suyudi yang di wakili Ketua Pengajian Al-hijrah, Imam Santoso hadir langsung di lokasi penyembelihan bersama para shohibul kurban. 

Hewan kurban yang di terima oleh Kanwil Kemenkumham Sumut telah melalui tahap pemeriksaan untuk memastikan hewan yang akan disembelih dalam kondisi sehat. Hal ini dilakukan guna menjaga kesehatan bersama di tengah merebaknya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak.

Imam menyebutkan terdapat dua hikmah dalam pelaksanaan ibadah kurban, secara vertikal ibadah kurban merupakan bentuk upaya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebagaimana yang telah dicontohkan Nabi Ibrahim AS dan putranya Nabi Ismail AS.

"Kemudian secara horizontal dengan menyembelih hewan kurban, dagingnya dapat dinikmati oleh orang-orang di sekitar yang membutuhkan. Dari sinilah solidaritas dan kepedulian terhadap sesama akan terjalin semakin erat," ucap Imam.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023