Sapi kurban berbobot 1,02 ton atau 1.020 kilogram bantuan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan dibagikan kepada 350 warga Kota Medan, Sumatera Utara. 

"Kami dari pengurus mengucapkan terima kasih kepada bapak Presiden Jokowi atas pemberian bantuan hewan kurban ini. Sebagai syariat, kami akan melakukan pemotongan untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan," ujar Wakil Sekretaris Badan Kesejahteraan Masjid (BKM) Masjid Agung Medan, Abdullah Matondang di Medan, Rabu. 

Ia mengatakan sapi bantuan yang berbobot 1.020 kilogram ini diperhitungkan dibagikan menjadi 350 bagian. 

"Diperhitungkan ada 350 bagian (kupon) yang akan dibagikan kepada masyarakat di seputar masjid dan tempat pemotongan di Jalan Air Bersih Medan," tuturnya.

Sebab, menurutnya, pemotongan di halaman Masjid Agung Medan kurang memungkinkan karena adanya pembangunan. 

"Untuk itu, di masjid ini hanya memberikan sebagian daging hewan tersebut, karena sebagian lagi akan dibagikan di tempat pemotongan hewan," ucapnya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo membeli sapi milik Rahmat, warga Deli Serdang, Sumatera Utara yang bobotnya 1,02 ton untuk kurban pada Idul Adha 1444 Hijriah di Sumut, dan dagingnya dibagikan pada warga setempat.

"Berat sapi ditimbang terakhir 1.020 kilogram, sapi ini bernama Mosin karena jenisnya limosin," ujar Rahmat, pemilik sapi yang dibeli Presiden Jokowi di Deli Serdang.
 

Pewarta: M. Sahbainy Nasution

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023