Tim Bola Voli Sumatera Utara baik tim voli indoor maupun voli pantai terus mematangkan persiapan maksimal guna menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Sumut-Aceh.

Kepala Bidang Prestasi Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Sumut Indra Kasih di Medan, Sabtu, mengatakan, pematangan persiapan dilakukan di antaranya dengan mengikuti beragam kejuaraan bola voli, baik tingkat regional maupun nasional.

"Voli ini dinamis, maka perlu kita petakan kekuatan-kekuatan itu. Tim perlu mengikuti berbagai kejuaraan untuk mendapatkan informasi kekuatan lawan, sehingga dengan demikian baru kita bisa berbicara masalah target di PON," katanya.

Saat ini, PBVSI Sumut fokus melakukan pemusatan pelatihan terhadap atlet voli indoor putra dan putri masing-masing 16 atlet, dan voli pantai putra dan putri masing-masing enam atlet.

Tim voli tersebut akan mengikuti tes fisik untuk menentukan masuk dalam program Pemusatan Latihan Daerah (Pelatda) persiapan menuju PON XXI/2024.
 

"Selesai TC akan ada liga. Liga inilah yang akan menjadi ajang try out bagi pengurus dan survey kekuatan tim Jawa dan luar Jawa. Sehingga apa tuntutan KONI dan Disporasu bisa kita berikan berapa targetnya," katanya.

PBVSI Sumut sendiri tengah mencari sosok pelatih voli indoor dan pantai. Ini dilakukan untuk meningkatkan prestasi para atlet.

Pencarian pelatih tersebut, PBVSI Sumut menjalin kerja sama dengan Jepang yang akan mengirimkan pelatih putri Nomura Yasuyo pada Oktober 2023. Sedangkan untuk voli indoor masih mencari pelatih yang pernah melatih di klub.

Sebelumnya, Wakil Sekretaris PBVSI Sumut Sulasni menyebutkan, pihaknya memasang target satu medali emas di voli indoor dan satu perak dari voli pantai pada PON 2024.

"Indoor tetap upaya walaupun terlalu muluk dengan emas. Inshaallah target perak. Voli pantai, ada beberapa roadshow, mudah mudahan emas," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023