Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Utara melalui Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kebakatan Olahraga, Senin (29/5) secara resmi telah mengumumkan sebanyak 44 peserta telah dinyatakan lulus seleksi sebagai atlet Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Sumut tahun 2023.

Kadispora Sumut, H Baharuddin Siagian SH M.SI melalui Kepala UPT Kebakatan Olahraga Apri Sugiarto SE didampingi Kasi Pelatihan Olahraga Rusli SH, Senin (29/5) di Medan mengatakan 44 atlet yang dinyatakan lulus  tersebut berasal dari 10 cabang olahraga yakni Atletik, Angkat Besi, Gulat, Judo, Karate, Pencak Silat, Panahan, Sepakbola, Taekwondo dan Wushu. 

Apri Sugiarto mengatakan proses seleksi telah dilaksanakan secara terbuka yang melibatkan orang-orang yang berkompeten sejak 15 sampai 21 Mei 2023.
 
Apri menjelaskan rincian calon atlet pelajar yang diterima dari 10 cabor yakni cabang atletik 11 orang, angkat besi 2 orang, gulat 4 orang, judo 1 orang, karate 4 orang, pencak silat 3 orang, panahan 2 orang, sepakbola 11 orang,  taekwondo 4 orang, dan wushu sanda 4 orang. 

Tahapan seleksi kata Apri dimulai dengan pendaftaran peserta dari tanggal 10-30 April 2023. Selanjutnya tes kecabangan, fisik, kesehatan dan psikotes akan dilaksanakan pada 13 hingga 16 Mei 2023.
Apri mengatakan dalam seleksi yang telah berlangsung tersebut ditangani tim penguji yang profesional dan kompeten di bidangnya. 

Dia mengatakan materi seleksi yang diuji adalah keterampilan cabor, antropometri, test fisik, test kesehatan dan psikotes.

Apri menegaskan bahwa proses seleksi yang dilakukan selama ini sangat profesional tanpa ada intervensi dari siapapun juga. Dia mengatakan mereka yang terpilih benar-benar sesuai dengan standard kualitas yang telah ditetapkan. 

Kepada yang atlet yang terpilih Kadispora Sumut melalui Apri berharap agar memanfaatkan kesempatan itu dengan baik sehingga ke depan bisa menjadi atlet andalan Sumut dibberbagai even atau Kejuaraan. 

Sementara bagi yang belum  terpilih jangan patah semangat sebab masih ada kesempatan lain  untuk menjadi atlet melaui seleksi di cabor masing-masing.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023