Pameran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bertajuk Expo HUT Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) ke-43/2023 yang berlangsung pada 16-21 Mei 2023 menghasilkan penjualan Rp1,85 miliar lebih.
 
"Hasil transaksi penjualan untuk seluruh stan yang ikut memeriahkan Expo HUT Dekranas ke-43 tercatat sebesar Rp1.855.620.562," ucap Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kota Medan Benny Iskandar Nasution di Medan, Selasa. 
 
Jumlah ini, lanjut dia, merupakan transaksi ratusan produk UMKM berbagai provinsi dan kabupaten/kota di Indonesia, baik kriya maupun kuliner dalam pelaksanaan Expo HUT Dekranas ke-43/2023 di Lapangan Benteng Medan. 
 
Namun khusus stan Dekranasda Kota Medan memanjangkan produk UMKM yang sempat mencuri perhatian Ibu Negara Iriana Joko Widodo di hari pertama dengan total transaksi Rp163,49 juta.
 
Ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus mempromosikan berbagai produk hasil Dekranasda Kota Medan dalam setiap ajang nasional, sehingga semakin dikenal masyarakat luas.

Keuntungan pelaksanaan ajang Expo HUT Dekranas ke-43/2023 ini juga dirasakan oleh para pelaku UMKM Kota Medan, salah satunya Reni yang berjualan es campur dengan nama Es Campur Endang Yabu.
 
Reni mengatakan belum sampai satu hari berjualan di pameran UMKM bertajuk Expo Hut Dekranas tersebut keuntungan yang didapat sudah menutupi modal usaha yang dikeluarkan.
 
"Alhamdulillah, keuntungan yang didapat lumayan," ungkapnya.
 
Triati, pelaku UMKM berjualan mie sop dengan nama Miesop Sei Petani mengaku dagangannya juga diminati masyarakat yang hadir di Expo HUT Dekranas ke-43/2023.
 
"Ini jadi tantangan bagi saya berjualan di sini karena baru pertama kali, dan tadi masyarakat ramai yang membeli," terang dia.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023