Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu meninjau secara langsung Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PLN UP3 Binjai, Selasa (18/4) sore. 

Dimana sebelum tiba di PLN UP3 Binjai Jisman P Hutajulu didampingi General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara (UID Sumut) Awalluddin Hafid beserta rombongan lainnya, meninjau pembangkit listrik yang ada di  Belawan. 

Usai melihat langsung pembangkit listrik Jisman P Hutajulu beserta rombongan berangkat ke Kota Binjai. Sekitar pukul 15.30 WIB, rombongan Jisman P Hutajulu tiba dan disambut Manager PLN UP3 Binjai Arief Rahman Hakim beserta selururuh jajarannya. 

Saat berada di PLN UP3 Binjai Jisman P Hutajulu langsung melihat SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum) kendaraan listrik roda empat dan Swap Station kendaraan listrik roda dua yang berada  tepat dihalaman utama kantor PLN UP3 Binjai.

Selama melakukan peninjauan Jisman P Hutajulu mendapat penjelasan terkait teknis pengisian daya kendaraan listrik oleh Andi Arianto selaku Asisten Manajer Bidang Niaga dan Pemasaran PLN UP3 Binjai. 
Usai melihat SPKLU dan mengetahui tentang pengisian daya mobil listrik di SPKLU Jisman P Hutajulu juga melakukan peninjauan pos siaga lebaran Idul Fitri 1444 Hijriah yang berada tepat di depan kantor PLN UP3 Binjai didampingi General Manager Unit Induk Distribusi Sumatera Utara (UID Sumut) Awalluddin Hafid dan Manager PLN UP3 Binjai, Arief Rahman Hakim.

Sementara GM PLN UID Sumaetera Utara Awaluddin Hafid menyampaikan himbauan kepada seluruh masyarakat Sumatera Utara untuk segera beralih menggunakan kendaraan listrik untuk mendukung Net Zero Emission di Tahun 2060.

"Ayo segera beralih menggunakan kendaraan listrik. Kami siap menambah SPKLU dimana saja sehingga para pemilik kendaraan listrik nantinya tidak kesusahan ketika akan melakukan pengisian baterai kapan saja dan dimana saja," ujarnya.

Secara terpisah Direktur Jenderal (Dirjen) Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman P Hutajulu mengatakan tujuannya meninjau SPKLU di Sumut khususnya Kota Binjai, untuk memastikan kesiapan mudik Idul Fitri 2023. 
Karena diketahui para pemudik di Sumut saat ini tidak hanya menggunakan kendaraan fosil atau BBM, namun sebagian diantaranya juga sudah ada yang memakai kendaraan baterai UV atau tenaga listrik. 

"Untuk Sumut memang belum begitu banyak SPKLU yang dibangun. Jadi bagi pemudik yang menggunakan kendaraan listrik, wajib melihat dulu lokasi SPKLU yang ada di Sumut," kata Jisman P Hutajulu. 

Jisman P Hutajulu berharap, dengan upaya pemerintah yang memberikan izin pendirian secara cepat, keberadaan SPKLU dapat dibangun lebih banyak. "Kita terus mendorong SPKLU dibangun lebih dahulu. Dengan tumbuhnya SPKLU, diharapkan tidak ada lagi keraguan di kalangan masyarakat," ungkapnya. 

Jisman menambahkan, saat ini BBM sudah net import dan kendaraan listrik menjadi solusi mengurangi import bahan bakar tersebut. "Target pembangunan SPKLU secara nasional sudah pasti ada. 

Tapi intinya, kita permudah semua urusan perizinannya agar siapa saja yang berkenan mendirikan SPKLU tidak ada kesulitan. Dengan begitu, kedepannya semakin banyak kota-kota besar menggunakan kendaraan listrik," paparnya.

 

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023