Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) menggelar kuliah umum di Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan (Unimed) dengan tema "Masa depan cuaca iklim dan air lintas generasi" sebagai upaya untuk menambah pemahaman mahasiswa terkait cuaca.

Terkait kuliah umum tersebut, Kepala BBMKG Wilayah I Medan Hendro Nugroho diwakili Kepala Tata Usaha BBMKG Wilayah I Trismanto, di Medan, Rabu, mengatakan, semua pihak perlu bekerja sama untuk menciptakan solusi yang inovatif dan efektif dalam menghadapi perubahan iklim dan pengelolaan sumber daya air yang berkelanjutan.

Dalam rangka hari Meteorologi Dunia ke-73 ia mengajak semua pihak, khususnya mahasiswa dan kalangan muda untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya ilmu meteorologi, cuaca, iklim, dan air untuk kehidupan dan generasi mendatang.

"Semoga peringatan ini menjadi momentum untuk kita bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik dan lebih berkelanjutan. Sekali lagi kami ajak semua pihak untuk lebih meningkatkan kesadaran pentingnya memahami iklim dan perubahannya," katanya.

Sebelumnya Dekan Fakultas Ilmu Sosial Unimed Nurnala Berutu M.Pd mengatakan, pihaknya mengapresiasi pihak BMKG yang telah memberikan kuliah umum sehingga diharapkan mahasiswa akan lebih paham terkait cuaca, khususnya mahasiswa jurusan Pendidikan Geografi.

Para mahasiswa peserta kuliah umum nantinya diharapkan bisa menambah pengetahuan baru, khususnya terkait dengan topik cuaca dan perubahannya. Pemahaman tentang ilmu meteorologi, cuaca, iklim, dan air untuk kehidupan dan generasi mendatang, ujarnya.

"Kami juga sangat mengharapkan kerja sama ini tidak hanya sebatas dalam kuliah umum namun juga dapat lebih ditingkatkan khususnya sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran sehingga lulusan kita mutunya akan semakin meningkat," katanya.

Sementara Koordinator Data dan Informasi BBMKG WIlayah I Medan, Eridawati menyebutkan peran BMKG sebagai badan yang melakukan observasi cuaca dan iklim, sehingga memiliki data yang baik untuk melakukan analisis cuaca iklim.

"Dengan analisis dari data yang lampau dan sekarang dapat membuat prediksi cuaca iklim di masa depan maupun analisis-analisis terkait masalah cuaca iklim dan hidrologi. Demikian BMKG menjadi bagian dalam mencari atau menemukan solusi permasalahan terkait cuaca iklim dan air," katanya.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023