Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Keluarga Alumni Pelajar Padang Sidempuan (IKAPADA) Periode 2023 - 2026 di kukuhkan, Rabu (22/3).

Keterangan tertulis terima, pengukuhan DPP IKAPADA di bawah Ketua Umum Ongku P.Hasibuan ini diadakan di Gedung Manggala Wanabhakti, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Pusat.

Setelah itu dirangkai paparan Program Kerja BPP IKAPADA sekaligus silaturahmi para tokoh asal Kota Padang Sidempuan dari manapun berada termasuk se-Jabodetabek.

Pengurus Badan Pengurus Pusat (BPP) IKAPADA Periode 2023 - 2026 sendiri diangkat sesuai keputusan Ketum IKAPADA Nomor 02/SK/BPP/03/2023 tanggal 22 Maret 2023.

Ketum IKAPADA Ongku P.Hasibuan, juga Anggota DPR-RI dari Fraksi Demokrat, mengatakan struktur BPP IKAPADA diangkat sesuai amanat Musyawarah Besar IKAPADA sebulan lalu.

"Rancangan struktur BPP maupun Ketum IKAPADA sudah lebih dahulu urun rembug berbagai pihak, termasuk melaporkan perkembangannya kepada Dewan Pembina/Hatobangon IKAPADA," jelas Ongku.

Ongku, juga mantan Bupati Tapsel 2005-2010 itu optimis kemampuan dimiliki seluruh pengurus/anggota IKAPADA akan dapat memberikan kontribusi positif.

"Saya percaya kemampuan seluruh pengurus dan anggota akan dapat memajukan organisasi serta menyumbangkan pemikiran cerdas dan karya nyata demi kemajuan Padang Sidempuan dan sekitarnya," harapnya.

IKAPADA, kata Ongku, akan mengerahkan kemampuan dengan beragam program baik di bidang pendidikan, kesenian, kebudayaan, kerohanian, kewirausahaan, sosial kemasyarakatan, dan lainnya.

"Rencana program kita pemberian bea siswa, rumah singgah untuk pelajar Padang Sidempuan yang menempuh pendidikan di Jabodetabek, pelatihan keterampilan, bimbel, dan lainnya," katanya.

Lalu, lomba karya ilmiah,  membantu memfasilitasi para pelajar dari wilayah Tapanuli Bagian Selatan yang akan menempuh Pendidikan Tinggi di Pulau Jawa.

"Tambah kegiatan-kegiatan seminar yang bertemakan potensi daerah Padang Sidempuan, pelatihan bidang UMKM, serta lomba seni, budaya, dan olah raga," sebutnya.




Pesan Para Tokoh Tabagsel

Sementara, pesan Ketua Dewan Penasihat IKAPADA, Doli Diapari Siregar, mengatakan, “Jadilah organisasi yang tangguh, profesional, loyal, berintegritas, dan berprestasi. IKAPADA harus bisa berkontribusi nyata untuk membantu masyarakat".

Sedang Ketua Dewan Pembina/Hatobangon, Dr. Chairuman Harahap, SH. MH dalam pengarahannya berpesan kepada Pengurus IKAPADA yang baru dikukuhkan untuk selalu menjaga ukhuwah dan silaturrahim.

"Terus memberikan karya nyata bagi anggota IKAPADA khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Hal-hal yang di pandang kurang atau perlu diperbaiki pada masa-masa sebelumnya agar dapat diperbaiki dan dilengkapi pada masa kepengurusan baru ini," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Umum IKAPADA, Chaidir Ritonga menyampaikan, bahwa banyak hal yang harus kita lakukan untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi orang lain khususnya untuk masyarakat Padang Sidempuan dan sekitarnya.

Beberapa tokoh, mulai dari Pimpinan Daerah hingga masyarakat umum dari berbagai daerah yang berasal dari Padang SIdempuan dan sekitarnya turut pula menyampaikan ucapan selamat atas pengukuhan BPP IKAPADA. 
 
DPP IKAPADA Periode 2023 - 2026 dan sekaligus Pengangkatan BPP IKAPADA periode yang sama, Rabu (22/3). (ANTARA/HO-dokumen pribadi)


Wali Kota Padang Sidempuan  Irsan Nasution, SH, MM. dalam sambutannya yang disampaikan melalui rekaman video mengatakan mengucapkan selamat dan sukses atas pelantikan BPP IKAPADA. 

“Mewakili segenap masyarakat Padang Sidempuan kami mengucapkan terima kasih kepada IKAPADA yang sudah teruji komitmen dan kontribusi bagi pembangunan Kota Padang Sidempuan selama ini," ucapnya.

Dengan kepengurusan yang baru ini, bersama kakanda Dr. Ir. Ongku P.Hasibuan, MM, kami percaya bahwa IKAPADA akan terus mengambil peran penting mengawal jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kota Padang Sidempuan, tambah Irsan.

Sedang Bupati Tapanuli Selatan Dolly Pasaribu S.Pt MM dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan “Selamat dan Sukses atas pengukuhan BPP IKAPADA, semoga bisa bekerjasama dengan Pemerintah Tapanuli Selatan untuk memajukan wilayah Tabagsel”.

Agenda ini juga dihadiri tokoh-tokoh senior asal Tabagsel seperti Mayjen TNI (Purn) Dahler Syaiful Hasibuan, Prof. Dr. Bomer Pasaribu, Brigjen TNI (Pur) Sofwat Nasution, tokoh adat Angkola Drs. H. Mara Hasian Harahap, Prof. Hermanto Siregar, Drs. Syamsul Efendi Sitanggang, Dr. Hj. Mariana Lubis, MM dan tokoh masyarakat lainnya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2023