Kapolda Sumut Irjen. Pol. Drs. R.Z. Panca Putra Simanjuntak, M.Si. bersama jajaran Polda Sumut dan Bina Marga Pusat, Kepala Balai Kementerian PUPR dan Kadis PUPR Provinsi Sumut serta stakeholder terkait melakukan inspeksi kesiapan arus lalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru di depan gerbang tol Tebing Tinggi - Medan, Senin malam (19/12/2022).

Turut menyambut Kapolda dan rombongan, Penjabat (Pj.) Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi, S.Sos., M.TP., Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya dan Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP.  serta Kapolres Tebing Tinggi dan jajaran, Kapolres Serdang Bedagai dan jajaran serta Kapolres Batu Bara serta jajarannya.

Disampaikan Kapolda Sumut, bahwa kunjungan ini merupakan rangkaian dari rapat inspeksi terkait dengan memeriksa kesiapan seluruh sarana prasarana yang berkaitan dengan mendukung kegiatan masyarakat dalam Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Tadi kita sudah mengecek pelabuhan, kita juga menyempatkan diri mengecek di bandara Silangit, karena meningkatnya jumlah volume penumpang dari Jakarta ke Silangit, pesawat yang semula hanya 4 kali menjadi 5 kali dari Jakarta. Kegiatan masyarakat untuk mudik merayakan Natal dan Tahun Baru sudah mulai terasa," urai Kapolda.

Disamping itu, Kapolda dan rombongan juga telah memeriksa kesiapan pelabuhan dalam rangka memastikan masyarakat yang menggunakan sarana angkutan danau untuk melayani masyarakat yang ingin menyeberang dari Parapat ke Samosir. 

"Dengan kondisi sudah disiapkan oleh Dinas ASDP dan Perhubungan dari Provinsi dan Kementerian, termasuk juga melakukan pengecekan kesiapan, khusus jalur alternatif yang kita akan gunakan menghadapi kepadatan puncak arus mudik maupun arus balik yang terjadi selama operasi atau selama Natal dan Tahun Baru," jelas Kapolda.

Lebih lanjut, Kapolda menuturkan jalan tol Tebing Tinggi - Siantar dan Tebing Tinggi - Indrapura akan digunakan sebagai jalur alternatif guna mengatasi kemacetan lalu lintas menjelang Natal dan tahun baru. Namun jalur tol ini nantinya hanya dapat dilalui oleh kendaraan sejenis mini bus (Kendaraan Gol.I) dan hanya menggunakan satu lajur, disebabkan kondisi jalan tol yang belum sepenuhnya rampung.

"Hari ini kami sudah melakukan pengecekan di jalur jalan tol Tebing Tinggi ke Siantar. Disana kita sudah melihat kesiapannya, memang belum bisa di operasionalkan secara penuh tetapi kita akan gunakan sebagai jalur alternatif termasuk juga jalur tol dari Tebing Tinggi ini sampai dengan Indrapura ataupun sebaliknya," jelas Kapolda.

Kapolda Sumut Panca Simanjuntak juga menyampaikan   mulai tanggal 23 Desember 2022 - 02 Januari 2023 pihak Kepolisian bersama stake holder terkait akan mulai melaksanakan "Operasi Lilin Toba tahun 2022", yang mana operasi ini merupakan operasi kemanusiaan dalam rangka memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat untuk merayakan Natal dan Tahun Baru.

"Pastikan semua masyarakat bisa merayakan libur Natal dan Tahun Baru dengan baik, tentu bagaimana kita sama-sama menjaga protokol kesehatan," demikian disampaikan Kapolda Sumut.

Terkait jalan tol yang belum sepenuhnya dapat digunakan, Pj. Wali Kota Tebing Tinggi Muhammad Dimiyathi berharap kepada Kapolda Sumut agar dapat meningkatkan keamanan, khususnya pada malam hari. 

Menanggapi hal tersebut, Kapolda memerintahkan jajaran dibawahnya khususnya kepada Korps Brimob agar melakukan pengawalan dan pengamanan di jalur tol tersebut.
 

Pewarta: Zulfan Kurniawan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022