Badan Jalan Lintas Tengah Sumatera (Jalinsum) di wilayah Sipirok, Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) juga tertimbun longsor.

Kepala Pelaksana BPBD Tapsel Umar Halomoan kepada ANTARA, Jumat, mengatakan kejadiannya subuh tadi sekira pukul 04.30.WIB.

Lokasinya persis di Dusun Pengkolan, Desa Luat Lombang, Kecamatan Sipirok, Kabupaten Tapsel, Sumatera Utara.

"Kendaraan baik yang datang dari Medan menuju Sipirok maupun sebaliknya sempat tidak bisa melintas gegara material longsor menutup badan Jalinsum," katanya.

Namun, berkat kerjasama BPBD, TNI, dan Polri gotong royong membersihkan material longsor bersama masyarakat siang ini seluruh kendaraan sudah mulai bisa melintas meski dilakukan buka tutup.

"Untuk membersihkan material tebing jalan yang longsor berupa tanah bercampur bebatuan dan pepohohan terpaksa menggunakan alat berat UPT PUPR Tapsel dan Balai Jalan Nasional," tambahnya.

Di dampingi Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Tapsel, Hotmatua Rambe, Umar mengimbau masyarakat untuk tetap mewaspadai situasi dan kondisi cuaca buruk saat ini.

"Kita minta masyarakat khusus yang berlokasi di daerah rawan agar tetap berhati-hati. Demikian juga para pengendara melintas di Jalinsum di Tapsel agar berhati-hati mengingat keadaan hujan lebat membuat struktur tanah labil," imbau nya.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022