Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution mengajak Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Yanhar Jamluddin untuk melihat budidaya bawang merah yang berlokasi di Jalan By Pass Desa Pudun Jae, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, Kamis (10/11).

Wali Kota Irsan Efendi mengungkapkan budidaya bawang merah adalah perioritas dalam tiga tahun terakhir ini. Sebelumnya, Padang Sidempuan selalu memasok bawang merah dari luar daerah.

"Menjawab tantangan tersebut, kami berupaya maksimal untuk melakukan budidaya bawang merah. Dengan semangat kawan-kawan dari dinas pertanian dan penyuluh meyakinkan petani dan masyarakat di desa untuk melakukan penanaman bawang merah. Alhamdulillah, kini Kota Padang Sidempuan sudah ditetapkan sebagai  kota sentra tanaman bawang merah. Yang artinya, kami mampu menjawab tantangan tersebut," katanya.

Saat ini, konsumsi bawang merah di Padang Sidempuan sudah bisa dipenuhi. Targetnya adalah meningkatkan kualitas masyarakat petani  dan pada akhirnya bisa memasok bawang merah ke daerah lain hingga ke mancanegara.

"Kami juga berharap dengan kedatangan Pak Rektor dan penelitian yang dilakukan UISU di Padang Sidempuan memberikan kami rekomendasi tentang apa saja yang harus kami benahi kedepannya," katanya.

Beliau juga menambahkan, seluruh sebanyak 42 desa di Padang Sidempuan mengalokasikan 20 persen dana desa untuk program ketahanan pangan sesuai ketentuan pemerintah pusat.

"Kami mengajak, dan Alhamdulillah semua kepala desa dan masyarakat untuk melakukan budidaya bawang merah, dan kini sedang melaksanakan pertanaman September dan pada Desember mendatang kita berharap budidaya ini berhasil dan akan panen raya pada Desember mendatang," kata  Wali Kota Irsan Efendi Nasution yang merupakan lulusan program magister UISU.

Sementara itu Rektor Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Dr.H.Yanhar Jamluddin, MAP mengungkapkan kekagumannya terhadap konsep wali kota dan upayanya untuk meyakinkan petani melakukan budidaya bawang merah, yang dari segi ekonomi memang lebih menguntungkan.

"UISU selalu membuka diri, sinergitas terus menerus mendukung Pemkot Padang Sidempuan untuk peningkatan kualitas SDM dan perekonomian masyarakat. Disini kami membawa dosen kami untuk sekaligus melakukan penelitian. Dari penelitian nantinya apa saja secara akademik yang menjadi masukan dari dosen-dosen UISU untuk Padang Sidempuan lebih baik lagi," katanya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022