Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Sumatera Utara, merancang uji tanding ke luar negeri sebagai upaya untuk meningkatkan kemampuan atlet binaannya menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024.

Ketua Pertina Sumut, Sabam Manalu di Medan, Kamis, mengatakan, pihaknya merancang sejumlah program pembinaan atlet sebagai upaya untuk menghadapi PON XXI/2024 di mana Sumatera Utara menjadi tuan rumah bersama Aceh.

Salah satunya adalah mengagendakan try out ke luar negeri. Ada tiga negara yang dirancang untuk menjadi tujuan uji tanding seperti Thailand, Filipina maupun Vietnam yang dinilai memang masih menjadi saingan bagi Indonesia di tingkat Asia Tenggara.

Ketiga negara itu juga dinilai konsisten melahirkan petinju-petinju berkualitas.

"Tapi tentunya mengenai try out ke luar negeri tersebut semuanya tergantung dukungan KONI Sumut. Yang pasti berbagai upaya akan kita terus lakukan untuk meningkatkan kemampuan atlet kita," katanya.

Selain try out ke luar negeri, Pertina Sumut juga mengagendakan sejumlah try in dengan mengundang sejumlah petinju yang dinilai cukup memiliki kualitas. Petinju yang dinilai memang layak untuk menjadi lawan latih tanding sebagai upaya menambah mental dan kemampuan atlet Sumut.

"Kalau lebih rendah kualitasnya dari kita untuk apa kita jadikan lawan tanding. Artinya paling tidak kita cari yang setara. Dengan try in, petinju kita nantinya diharapkan dapat lebih banyak belajar dan terus berusaha meningkatkan kemampuannya.

Baca juga: Pertina Sumut targetkan 10 emas di PON 2024

Sementara mengenai target di PON XXI/2024, pihaknya memasang target paling tidak bisa membawa pulang 10 medali emas sebagaimana yang telah dicanangkan Pertina Sumut.

"Kita punya target 10 emas, selama ini memang belum ada provinsi yang bisa mendapatkan 10 emas di PON. Ini kerja berat dan harus kita kejar dengan persiapan-persiapan yang matang," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022