Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar mengadakan festival keekonomian di lokasi wisata Pantai Sejarah, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara, 29-30 Oktober 2022.

Kegiatan Festival SISIBATAS LABUHAN ini untuk meningkatkan kapasitas serta memperluas akses pembiayaan dan pemasaran pelaku UMKM di delapan kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar. 

Ada gelar bicara, sosialisasi, pertemuan bisnis, peragaan dan tata busana, lomba fotografi, pelatihan wastra (kain tradisional), seminar membatik, pameran produk, juga penanaman bibit mangrove serta penyerahan bantuan Program Sosial BI. 

Selain sisi ekonomi kreatif, Festival SISIBATAS LABUHAN juga untuk tumbuh berkembang sektor pariwisata di delapan kabupaten/kota wilayah kerja BI Pematang Siantar. 

Pada Maret 2022, kegiatan serupa diadakan di kota turis Parapat, Danau Toba, Kabupaten Simalungun bertemakan sektor usaha kopi. 

Kepala BI Pematang Siantar Teuku Munandar, di acara pembukaan festival, Sabtu (29/10), berharap kegiatan ini bisa menumbuh-kembangkan ekonomi kreatif dan sektor pariwisata, khususnya di delapan wilayah kerjanya. 

Dia pun mengajak masyarakat untuk membeli produk-produk lokal dalam upaya membesarkan UMKM. 

Delapan kabupaten/kota wilayah kerja Kantor Perwakilan BI Pematang Siantar, Pematang Siantar, Simalungun, Batubara, Asahan, Labuhan Batu, Labuhan Batu Utara dan Labuhan Batu Selatan (Sisibatas Labuhan). 

Pemerintah Daerah Kabupaten Batubara dinilai memiliki keseriusan dan komitmen tinggi dalam mengembangkan ekonomi daerah didukung potensi daerah, sehingga dipilih untuk lokasi kegiatan Festival SISIBATAS LABUHAN. 

 

Pewarta: Waristo

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022