Sebanyak 190 peserta yang terdiri atas 50 orang guru dan 140 siswa sekolah dasar negeri dan swasta dari 15 kecamatan se Tapanuli Utara, menjalani pelatihan metode "Gasing" atau metode gampang, asyik dan menyenangkan dalam belajar berhitung.

"Sebanyak 190 guru dan siswa sekolah dasar dilatih metode berhitung yang gampang, asyik, dan menyenangkan atau metode Gasing yang diciptakan Prof Yohanes Surya," terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Taput, Bontor Hutasoit, dalam laporannya di hadapan Bupati Taput Nikson Nababan, Senin (26/9).

Menurut Bontor, hasil kegiatan pelatihan diharapkan mampu ditampilkan dalam kegiatan puncak hari jadi Kabupaten Taput pada 5 Oktober 2022, mendatang.

Kegiatan pelatihan yang dibiayai dari dana "corporate social responsibility" Sarulla Operation Limited tersebut digelar sejak 26 September-13 Oktober 2022 di kompleks SMPN 1 Tarutung.

Dalam arahannya, Bupati Nikson Nababan mengatakan, kegiatan pelatihan tersebut merupakan bagian dari visi misi pemerintahannya, yakni menjadikan Taput sebagai lumbung sumber daya manusia berkualitas.

"Saya dikirimi video metode Gasing oleh Profesor Surya. Saya lihat metodenya cukup menyenangkan dan pastinya akan mudah diterima para siswa," sebutnya.

Jika dahulu, pelajaran matematika menjadi momok bagi pelajar, kata Nikson, mudah-mudahan melalui metode gasing pelajaran berhitungnya menjadi mudah dan lancar.

Bupati Nikson juga menekankan pentingnya dukungan seluruh lapisan masyarakat akan berdirinya universitas umum atau institut umum di Taput demi mewujudkan cita-cita generasi muda di daerah itu.

Selain itu, peran aktif petugas medis juga ditekankan untuk memperhatikan kesehatan para peserta pelatihan agar mampu menyerap materi pelatihan dengan maksimal.

Pewarta: Rinto Aritonang

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022