Kelompok Wanita Tani (KWT) Martabe Desa Bargot Topong, Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua melaksanakan pertanaman cabai merah bersama Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution beserta Wakil Wali Kota Padang Sidempuan Ir. Arwin Siregar.

Kepala Desa Bargot Topong Haruaya Harahap, Sabtu (17/9) menyampaikan budidaya cabai merah yang dilaksanakan oleh KWT Martabe merupakan bantuan dari Dinas Pertanian, Dinas Ketahanan Pangan serta anggaran dana Desa Bargot Topong.

 Kegiatan pertanaman cabai merah ini juga tidak lepas dari pendampingan dan pembinaan penyuluh pertanian lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Kota Padang Sidempuan di Desa bargot Topong Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua, ungkapnya.

Selanjutnya Ketua KWT Martabe Desa Bargot Topong Nurasyia Siregar menjelaskan bahwasa pertanaman cabai merah kali ini sebanyak 3.500 batang dengan luas lahan sekitar 2 hektare di beberapa hamparan lokasi di Desa Bargot Topong.

"Di musim tanam ini kami juga berencana akan memulai pertanaman jagung dengan luas lahan 1 ha dan terkait rumah bibit yang berada di Desa Bargot Topong kami ingin melaporkan bahwasan sampai September ini masih produksi sebanyak 20.000 bibit dan kami juga kewalahan menghadapi tingginya permintaan konsumen," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution  menyampaikan mudah - mudahan dengan kesinambungan pertanaman beberapa komoditas hortikultura di Kota Padang Sidempuan yang dilaksanakan ini dapat mengantisipasi lonjakan harga maupun kelangkaan menjelang Natal dan  Tahun Baru ini.

“Saya merasa sangat bahagia bisa berada ditengah - tengah masyarakat seperti saat ini," ungkapnya.

"Saya juga ingin mendorong kepada seluruh masyarakat di Kota Padang Sidempuan agar mulai memanfaatkan pekarangan rumah untuk menanam cabai merah di polybag, " karanya.

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022