Husin Sogot Simatupang menyatakan dirinya sangat legowo (cukup menerima-red) di gantikan oleh Abdul Basith Dalimunthe sebagai Ketua DPRD Tapanuli Selatan (Tapsel) untuk masa bajti 2022-2024.

"Alhamdulillah, kita sangat menerima, dan itu keputusan terbaik oleh partai," Husin Sogot Simatupang menghubungi ANTARA dari Sipirok, Jumat (16/9).

Meski nanti nya resmi sudah tidak lagi menjabat Ketua DPRD Tapsel, dia, katanya akan tetap ikut semangat untuk membesarkan partai dengan Ketua Umum Prabowo Subianto tersebut.

"Itu sebuah konsekuensi, sepahit apa pun keputusan partai sebagai kader yang militan kita harus tunduk dan menerima keputusan itu dengan lapang dada," ujarnya.

Sebelumnya pemberhentian dirinya ( Sogot) terkait Pimpinan DPRD Tapsel melalui Surat DPP Partai Gerindra Nomor:07-0291/Kpts/DPP-GERINDRA/2022 Tertanggal 1 Juli 2022.

Menindaklanjuti surat DPP Partai Gerindra tersebut,  lalu hasil Rapat Badan Musyawarah pada Jumat (16/9) mayoritas dari sebanyak 35 jumlah anggota DPRD Tapsel menyetujui pergantian pimpinan dewan dari Sogot kepada Basith.

Sebelumnya Sogot tercatat menjabat Ketua DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan untuk masa bakti 2019 - 2024. Namun, perjalanan waktu berkata lain dan akhirnya Basith sebelumnya Ketua Komisi A  DPRD Tapsel.

Keputusan di setujuinya Basith  menjadi Pimpinan DPRD Tapsel masa bakti 2022-2024 tersebut tertuang dalam Surat Banmus DPRD Tapsel Nomor:170/9/BANMUS/2022.

Di katakan hasil Rapat Paripurna Banmus DPRD Tapsel terkait usulan pergantian pimpinan dewan tersebut akan di beritahukan ke Bupati Tapsel untuk proses lanjutan ke Gubernur Sumatera Utara.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022