Bupati Asahan H Surya menerima penghargaan Kabupaten Layak Anak kategori Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kementerian PPPA).

Penerimaan tersebut diserahkan pada saat peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang dilaksanakan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubsu Jalan Sudirman, Medan, Kamis (11/08).

"Penghargaan ini untuk komitmen Pemkab, partisipasi masyarakat, dunia usaha dan media dalam pemenuhan hak anak," kata Bupati Asahan saat menerima penghargaan tersebut.

Bupati menyebutkan penghargaan yang diterima akan menjadi  motivasi  untuk meningkatkan kualitas dalam melindung hak anak di Kabupaten Asahan, sehingga kedepannya Kabupaten Asahan dapat meraih kategori madya. 

"Terimakasih  kepada semua pihak dan masyarakat  yang telah bergandengan tangan dan bahu-membahu untuk mewujudkan predikat Kota Layak Anak kategori pratama," sebut Bupati.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meminta kepada para Bupati/Walikota untuk tetap memperhatikan dan memenuhi hak anak. Karena anak merupakan generasi penerus yang harus dilindungi. 

“Kabupaten/kota, tak akan pernah masuk surga kalau kita tidak menyayangi anak ini, mereka inilah masa depan kita, tanpa mereka negara ini tidak akan pernah ada kader pengganti,” kata Edy.

Edy juga menyayangkan masih ada orang tua yang berlaku kasar kepada anaknya. Ia mencontohkan di Belanda, apabila orangtua berlaku kasar kepada anaknya maka si orangtua akan langsung berurusan dengan aparat hukum. 

"Inilah anak-anak ini, harus kita sayangi, walaupun bukan anakku, keturunanku, saya wajib menyayanginya," kata Edy.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022