Pengurus Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Tapanuli Selatan - Padang Sidempuan Periode amaliah 2021-2022 di lantik bertempat di Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan, Jalan SM Arif, Padang Sidempuan.

Dalam keterangan di terima, Minggu (26/6) Tokoh masyarakat Sumut Syahrul M.Pasaribu di daulat orasi di pelantikan mengusung tema "Menguatkan Gerakan Kepemimpinan Menuju IMM yang Inklusif dan Kolaboratif".

Dalam orasi nya, Syahrul mengatakan kepemimpinan inklusif adalah pemimpin yang terbuka terhadap keberagaman/perbedaan dan mampu memadukan menjadi sebuah kekuatan.

Sementara kepemimpinan kolaboratif, kemampuan menerapkan metode kerjasama/bahu membahu sekaligus mampu menciptakan soliditas dan solidaritas antara pimpinan dengan yang di pimpin dalam hal mewujudkan program di cita-citakan.

"Oleh karenanya untuk kesuksesan dalam sebuah pembangunan sebuah daerah atau memimpin sebuah organisasi harus menerapkan metode inklusif dan kolaborasi Tidak boleh one man one show," katanya.

Selain itu membangun team work. Membangun sinergit semua potensi secara vertikal dan horizontal sehingga menjadi sebuah energi besar untuk menggapai target program yang telah disusun.

"Hal seperti ini pulalah yang saya terapkan ketika dua periode menjabat Bupati Tapsel membangun Tapsel, dan sudah sama-sama kita nikmati bersama meski belum sempurna secara keseluruhan," katanya.

Dia mencontohkan mewujudkan komplek pusat perkantoran Pemkab Tapsel yang terpusat dan terintegrasi dengan dukungan berbagai fasilitas di Sipirok. 

Kemudian daerah dalam membangun  jangan hanya mengandalkan APBD saja. Tetapi, kata Syahrul tetap menerapkan metode kolaboratif membangun sinergi pemerintah atasan baik pusat maupun provinsi.

Dia juga mencontohkan keberhasilan lainnya selama 10 tahun memimpin 2015-2010/2016-2021. Hingga 2020 sudah terbangun 20 unit pembangkit listrik mini terdiri dari 16 pembangkit listrik tenaga mikro hydro (PLTMH) dan 4 unit pembangkit tenaga listrik tenaga surya (PLTS) terpusat di berbagai kecamatan, utamanya di Kecamatan Aek Bilah 8 unit.

"Dari 20 unit pembangkit listrik itu 14 di bangun pemerintah pusat, dan 6 unit pemerintah provinsi atau tidak menggunakan APBD Tapsel," ungkapnya.

Kepada pengurus PC IMM Tapsel - Padang Sidempuan amaliah 2021-2022 yang baru dilantik Syahrul juga Wkl.Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar Sumut ini tidak lupa mengucapkan selamat dan mampu mengimplementasikan metode inklusif dan kolaboratif dalam menjalankan organisasi tersebut.

"Bersinergi lah dengan Pemkab Tapsel dan Pemko Padang Sidempuan. Perlu diingat bahwa organisasi ke mahasiswaan pada dasarnya "Laboratorium Kader Bangsa" yang melahirkan calon pemimpin masa depan. Harus optimis dan tetap junjung tinggi nilai-nilai moral," jelas Syahrul.

Sesuai lampiran Surat Keputusan DPD IMM Sumut Nomor:XI/A-1/II/2022, Pangiutan Tondi Lubis dilantik sebagai Ketua PC IMM Tapsel - Padang Sidempuan, Fatrah Yunus Harahap Sektetaris, dan Najmi Zahraini Bendahara Umum.

Sementara Wali Kota Padang Sidempuan Irsan Efendi Nasution selain mengucapkan selamat juga berharap PC IMM di bawah kepemimpinan Tondi Lubis dapat sukses menjalankan amanah roda organisasi dengan baik.

"Pun demikian kita juga cukup terbuka untuk berkolaborasi dengan IMM demi Padang Sidempuan lebih maju ke depan," kata Irsan.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022