Fakultas Hukum UMSU dan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Advokat Indonesia (IKADIN) Medan sepakat untuk melakukan pengembangan dan peningkatan kerjasama. Kesepakatan dikukuhkan melalui penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) antara keduabelah pihak.

Penandatangan MoA ini dilakukan oleh Dekan FH UMSU Dr Faisal SH MHum dan Ketua DPC IKADIN Medan, Hisar Parsaoran Sinaga SH di ruangan Dekanat FH UMSU, Jl Kapten Mukhtar Basri, Medan, Senin (6/6).

Dekan FH UMSU Dr Faisal SH MHum mengatakan, sebenarnya selama ini kerjasama antara FH UMSU dan DPC IKADIN Medan sudah berjalan dengan baik. Namun sejauh ini kerjasama relatif masih terbatas, yakni dibidang pendidikan khusus profesi advokat.

“Oleh karena itu, kedua institusi sepakat untuk lebih meningkatkan kerjasama tersebut, salahsatunya dalam bidang pengabdian masyarakat,” ujar Faisal.

Baca juga: Mahasiswa FISIP UMSU Juara 1 Pilmapres PTMA se-Indonesia 2022

Sebagai lembaga lembaga pendiri PERADI, kata Faisal, IKADIN juga organisasi advokat yang kredibel dan dipercaya masyarakat, terlebih lagi sebagian besar dosen dan alumni FH UMSU tergabung di DPC IKADIN Medan.

“Harapan kita kerjasama ini tidak hanya dibidang PKPA saja tapi kita tingkatkan pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan bantuan hukum. Sebab FH UMSU saat ini berkonsentrasi membangun jaringan dan kerjasama di bidang pengabdian, sehingga kita yg berprofesi sebagai Advokat dapat mengabdikan diri dan memberi bantuan hukum,” kata Faisal.

Dikesempatan yang sama, Hisar Sinaga menyampaikan terima kasih atas kerjasama selama ini. Dituturkannya, FH UMSU telah memberikan kontribusi terhadap perkembangan DPC IKADIN Medan.

“Kita menyadari banyak kegiatan dan program yang bisa kita kerjakan bersama dengan FH UMSU dan perlu sekali ditingkatkan terlebih lagi dibidang pengabdian masyarakat, PKPA, pendidikan kurator dan kader-kader DPC IKADIN bisa melanjutkan pendidikan pasca sarjana di UMSU,” sebutnya.

“Tentu kerjasama ini secepatnya akan kita lakukan dalam kegiatan dan program yang bisa meningkatkan sumber daya advokat,” imbuhnya.

Penandatangan kerjasama ini dihadiri oleh Zainuddin Wakil Dekan I FH UMSU, Benito Asdhie Kodiyat MS Sekretaris DPC IKADIN Medan, Mhd. Teguh Syuhada Lubis Wakil Ketua DPC IKADIN Medan dan Dosen FH UMSU.

Pewarta: Rel

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022