Kelompok Dosen Universitas Negeri Medan (Unimed) melaksanakan pengabdian masyarakat guna meningkatkan  produksi UMKM Bunga Telang di daerah Tanah Enam Ratus, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara.

"Pengabdian ini memberikan bantuan dari segi promosi atau pemasaran berbasis online dan penerapan rekayasa produk berbahan bunga telang," kata Ketua Kelompok Dosen Pengabdian Masyarakat Unimed Dr.M.Surip,M.Si, di Medan, Jumat (3/6).

Surip menyebutkan, kegiatan ini didukung oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unimed melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang dilatarbelakangi permasalahan yang dialami oleh pelaku usaha dalam meningkatkan pemasaran usahanya.
Ia mengatakan, salah satu kendala bunga telang ini belum maksimal adalah dari segi keterbatasan pemasaran dan kemasan yang kurang menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.

"Kami dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini berfokus dalam menyahuti kendala yang dialami pelaku usaha bunga telang.Melalui kegiatan ini, kita akan upayakan membantu dari sisi pemasaran dan promosi dalam penjualan online," ucapnya.

Ia menjelaskan,  akan membantu usaha ini masuk duplikasi penjualan online Shopee,Tokopedia,Bukalapak, dan Lazada, setelah di desain produknya menjadi lebih menarik.

"Kita juga akan membantu dari kemasan atau packaging yang dapat menarik minat pembeli untuk menikmati produk bunga telang ini untuk kesehatan.Kami akan melakukan pendampingan beberapa kali, agar UMKM Bunga Telang ini dapat semakin meningkat dan sukses usahanya," kata Kepala Humas Unimed itu.

Sementara itu, Pemilik Usaha Bunga Telang Sri Asmiaty D, mengatakan sangat senang atas kegiatan pengabdian pada masyarakat yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa Unimed pada usaha bunga telang yang digeluti.

Ia berharap, semoga dengan kegiatan usaha ini semakin berhasil dan membantu masyarakat untuk hidup lebih sehat.

"Kami senang kegiatan pengabdian ini akan membantu dari sisi pemasaran/promosi dan mendesain agar lebih menarik konsumen," kata Sri.

Kelompok dosen pelaksana pengabdian masyarakat ini diketuai Dr.M.Surip,M.Si, dengan anggota Dr.Syairal Fahmy Dalimunthe,M.I.Kom, Raden Burhan SND,S.Pd.M.Ds, M.Anggy J. Daulay,S.S, M.,Hum.Dibantu lima orang mahasiswa yakni Eliza Olga Pramita, Voni Sepianti, Calvine Williams, Ika Haryanti Hutasoit, dan Jefri Fernando Purba.

Sedangkan pemilik UMKM Bunga Telang yakni Sri Asmiaty D, dan Faisal Lubis.Usaha bunga telang yang dilakukan Sri Asmiaty dilatarbelakangi oleh kondisi awal pandemi COVID-19 tahun 2019, yang mana saat itu semua pekerja diminta untuk bekerja dari rumah (WFH), sehingga mereka memanfaatkan lahan kosong di sekitar rumah, di tambah berdasarkan membaca berbagai artikel ilmiah tentang bunga telang.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022