Satbinmas Polres Batubara mengecek peternakan sapi yang diduga suspeck penyakit mulut dan kuku (PMK) di Desa Sumber Makmur, Kecamatan Limapuluh, Kamis (19/5).
 
Dalam pengecekan itu, Satbinmas didampingi petugas Balai Vertiner Propinsi Sumut dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batubara. 
 
"Peternakan sapi yang dicek milik Bambang Manto. Petugas Balai Vertiner Propinsi Sumut dan Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Batubara, mengambil sempel darah dan air liur sebanyak 40 ekor lembu," ujar Kasat Binmas Polres Batubara Agus Ita Lestari Br Ginting SIK Msi.
 
Sempel darah dan air liur dari sapi diduga suspeck PMK, lanjut Ita akan diuji ke laboratorium oleh petugas.
 
"Kita melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk penanganan dan pencegahan guna mengambil langkah-langkah selanjutnya," sebut mantan Kasatlantas Polres Tanah Karo ini. 
 
Ita mengimbau kepada peternak agar tidak panik, mengingat wabah PMK tidak dapat menular pada manusia hanya kepada hewan ternak saja.
 
"Peternak juga diimbau dapat memeriksakan berkala kondisi lembuh dan melaporkan segera kepada penyuluh peternakan apabila mendapati ciri-ciri wabah PMK," pungkasnya.
 

Pewarta: Rahmat Hidayat

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022