Ribuan warga di Kota Medan, Sumatera Utara, mengunjungi taman marga satwa Medan atau Medan Zoo selama liburan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1443 Hijriah tahun ini.

"Pengunjung Medan Zoo sejak Idul Fitri yang jatuh di 2 Mei 2022 meningkat 100 persen, jika dibandingkan tahun lalu dengan total 13.100 orang lebih," ujar Manajer Medan Zoo, Pernius Harefa di Medan, Kamis.

Ia merinci, pada Senin (2/5) sekitar 1.500 orang, kemudian Selasa (3/5) tercatat 4.200-an, lalu Rabu (4/5) terdapat 4.400-an, dan hari ini 3.000-an pengunjung.

Medan Zoo atau populer disebut oleh warga kebun binatang Medan milik Pemkot Medan yang dikelola Perumda Pembangunan ini merupakan objek wisata keluarga memiliki luas lahan 30 hektare.

Lokasi kebun binatang Medan itu terletak di kawasan Simalingkar, Medan Tuntungan dan banyak ditumbuhi pepohonan rindang dengan tiga spesies yakni apes, mamalia dan reptil yang total satwa 245 ekor.

"Mungkin besok Jumat terjadi penurunan, dan kami estimasi di hari Sabtu dan Minggu kembali ramai lagi pengunjung, karena saat-saat hari terakhir libur Lebaran (Idul Fitri)," katanya.

Ia juga menyebutkan bahwa pengunjung Medan Zoo selain dari Kota Medan dan sekitarnya, juga luar Provinsi Sumatera Utara di antaranya Riau dan Aceh.

"Yang kami pantau dan kami lihat itu, 90 persen pengunjung kita ini adalah keluarga terdiri anak, istri dan orang tua," ujar Pernius.

Azhari (45), warga Punge Blang Cut di Banda Aceh mengaku bahwa dirinya dan keluarganya sengaja datang ke Medan Zoo menghabiskan waktu libur Lebaran tahun ini.

"Kebetulan ada keluarga saya tinggal di Kota Medan, jadi kita sekalian liburan Idul Fitri ke kebun binatang Medan sejak pagi tadi," katanya.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022