Pemkab Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara, meminta Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) bersinergi dengan pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan berbagai program pembangunan daerah.

Hal itu disampaikan Bupati Serdang Bedagai, Darma Wijaya saat menghadiri pelantikan pengurus PWI Kabupaten Sergai periode 2022-2025, yang dilaksanakan di Pantai Romantis, Kecamatan Perbaungan, Senin.

Ia mengatakan, pihaknya mengapresiasi para jurnalis  yang tergabung dalam PWI Sergai, yang sudah menunjukkan sumbangsih dan kontribusinya dalam rangka mendukung Pemkab Sergai melalui informasi pembangunan. 

Dukungan itu, katanya, terlihat lewat diseminasi informasi serta aktif mempublikasikan potensi yang dimiliki oleh Tanah Bertuah Negeri Berada

Dengan kepengurusan yang baru, PWI Sergai diharapkan  bisa semakin menunjukkan pengaruhnya sebagai organisasi jurnalis yang diisi oleh para awak media yang berkualitas, punya integritas dan menjunjung tinggi kode etik pers dalam menjalankan tugas dan fungsinya. 

"Ke depan, tantangan yang dihadapi akan semakin kompleks. PWI Sergai harus menjadi pionir dalam memberikan perubahan besar baik secara internal maupun eksternal. insan pers saat ini dan ke depan dituntut untuk semakin kreatif dan profesional dalam menyajikan informasi khususnya terkait potensi pembangunan daerah," katanya.

Ia mengatakan, pelantikan PWI Sergai ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 yang hingga kini belum usai, namun tetap menerapkan protokol kesehatan. 

Saat ini, lanjutnya, seluruh pihak sedang bersiap- siap sekaligus mengantisipasi masuknya gelombang ketiga varian baru COVID-19 yaitu varian Omicron.

"Saya mengapresiasi kegiatan hari ini, bukan hanya kegiatan seremonial pelantikan saja, akan tetapi lebih kepada hal yang sangat bermanfaat yaitu kegiatan vaksinasi dan penanaman pohon mangrove. Kepada rekan-rekan pers untuk lebih intens lagi memberitakan hal yang positif dan konstruktif terkait vaksinasi ini dan menyosialisasikannya di tengah masyarakat akan kebaikan dan guna vaksinasi COVID-19," katanya.

Sementara Ketua PWI Sumut Farianda Putra Sinik menyampaikan harapan bagi pengurus PWI Kabupaten Sergai yang baru agar semakin meningkatkan kinerja dan kualitas awak media di Sergai.

"Kemeriahan kegiatan hari ini harus diikuti dengan program yang baik. Salah satunya harus kembali dibuat kegiatan Uji Kompetensi Wartawan untuk meningkatkan kualitas teknis para wartawan," katanya.

Farianda menyebut tahun depan, jika tidak ada halangan, rencananya HPN akan digelar di Sumut.

"Untuk itu, jika hal tersebut berlangsung, agar PWI, termasuk PWI Sergai, turut serta menyukseskan kegiatan tersebut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022