Pembangun sport center yang akan menjadi vanue Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 akan di mulai Januari 2022 ini. Pembangunan sport center dilakukan setelah Kementerian ATR/BPN menerbitkan sertifikat atas lahan tersebut yang berlokasi di Desa Sena, Kabupaten Deli Serdang. 

"Kita mulai (pembangunan) sport center, sarana olahraga yang diawali dengan stadion. Kalau tak berubah lagi dalam pengurusan legalitasnya, bulan Januari start membangun stadion," ujar Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Sabtu (8/1). 

Baca juga: Pembangunan sport centre Sumut segera dimulai

Setelah itu berjalan, Edy memastikan pembangunan sarana pendukung lainnya juga akan dilakukan termasuk pembangunan non fisik yang menjadi tanggungjawab KONI. 

"Tahun ini 500 orang yang akan disiapkan, saat ini sedang hubungi sekolah-sekolah Tionghoa untuk olahraga-olahraganya yang talentanya dikuasai mereka," ujarnya. 

"Seperti renang, tenis meja, badminton, basket. Ini sedang dihubungi, sekolah-sekolah yang lain nanti akan kita lakukan. Khusu olahraga yang menangani KONI, khusus fisik itu pemprovsu," tambahnya. 

Diketahui, pagelaran PON tahun 2024 akan digelar di Sumut dan Aceh sebagi tuan rumah.

Pewarta: Andika Syahputra

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2022