Pusat Gempa Regional (PGR) I Balai Besar Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah 1 Medan mencatat ada 16 kejadian gempa bumi dalam sepekan terakhir atau periode 26 November hingga 2 Desember 2021.

Koordinator bidang Data dan Informasi BBMKG Wilayah I Medan, Eridawati, di Medan, Senin (6/12), mengatakan, aktivitas gempa bumi yang terjadi dalam sepekan terakhir tersebut sebagian besar tersebar di sekitar Aceh dan Sumatera dengan aktivitas megathrust dan sebagian lagi akibat zona segmen besar Sumatera. 

Gempa yang terjadi berdasarkan kedalamannya, gempa dangkal (di bawah 60 Km) terjadi sebanyak 13 kejadian dan menengah (kedalaman antara 60 km sampai dengan 300 km) sebanyak tiga kejadian sebutnya.

Sementara peneliti PGR 1 Balai Besar MKG Wilayah I Medan Marzuki Sinambela menjelaskan, gempa yang terjadi dalam sepekan terakhir didominasi oleh gempa dengan magnitudo kecil dari 4.0 dengan kedalaman dangkal dan sangat lokal.

"Dari hasil catatan, hanya satu kejadian gempa bumi signifikan dan dirasakan di Sabang," katanya.

Ia juga menyampaikan imbauan agar tetap waspada dan tidak perlu panik jika terjadi getaran gempa dan tetap merespons dengan cepat informasi BMKG. 

"Menjaga jarak bila kondisi gempa signifikan terjadi di era pandemik," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021