Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah 1 Sumatera Utara memberikan izin kepada Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) membuka Program Studi (Prodi) Strata 3 Hukum.

Kepala LLDikti Sumut Prof. Dr. H Ibnu Hajar Damanik MSi di Medan, Selasa (5/10), mengatakan pembukaan program doktor UMSU itu merupakan suatu lompatan besar.

Prodi baru ini juga sebagai motor untuk menyiapkan sumber daya manusia di bidang hukum sehingga dapat menjadi peluang bagi mahasiswa S2 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Baca juga: 4.387 mahasiswa baru UMSU ikuti PKKMB 2021

"Kami menaruh harapan besar terhadap UMSU. Kami yakin akan ada sejumlah Prodi S3 lain yang akan dibuka di Kampus UMSU," katanya.

Ia juga meminta ke depannya banyak pemikiran, kajian, filosofi dan kebijakan yang diberikan Prodi S3 Hukum UMSU.

''Kita berharap akan muncul gagasan-gagasan yang berhubungan dengan hukum yang bisa dilaksanakan dan diaplikasikan di pemerintahan,'' katanya.

Guru Besar Universitas Negeri Medan itu mengutarakan program doktor S3 pada perguruan tinggi adalah sesuatu yang elit karena menghasilkan komunitas yang mengarah kepada kebijakan, bukan hanya praktik.

Pembukaan Prodi S3 Hukum itu
tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 416/E/O/2021.

Prodi S3 Hukum ini merupakan program doktor pertama di UMSU yang merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi institusi A tersebut.

Rektor UMSU Prof Dr H Agussani MAP berucap syukur atas kepercayaan pemerintah melalui Kemendibudristek kepada UMSU untuk membuka Prodi S3 Hukum.

''Sebagai perguruan tinggi dengan akreditasi institusi A dan telah memiliki 15 Prodi S1 dan S2, terakreditasi A, serta akreditasi unggul, Alhamdulillah kita kini sudah membuka S3,'" katanya.

Agussani berharap Prodi S3 di UMSU akan membawa peningkatan kualitas SDM di Sumut terutama di bidang hukum.

''Kita menjadi mitra menyiapkan SDM berkualitas di bidang hukum. Ke depan UMSU berencana membuka S3 Ilmu Pendidikan dan S3 Pertanian. Kemudian S2 Pendidikan Agama Islam dan S2 Biomedis. Mohon dukungan dan doa masyarakat Sumut beserta civitas akademika UMSU,'' katanya.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021