Webiner Literasi Digital untuk Kabupaten Deli Serdang Senin, 30 Agustus 2021, Jam 09.00 WIB membahas tentang lindungi diri di dunia digital.

Webinar menghadirkan narsum yang mempunyai kompetensi di bidang masing masing serta seorang Key Opinion Leader yang akanmemberikan sharing session.

Lindungi diri di dunia digital, dengan cara jangan pernah memberikan Kode OTP atau password kepada siapapun, hindari melakukan transaksi keuangan saat menggunakan wifi publik, tidak mengumbar data pribadi kepada siapapun, serta saring sebelum membagikan informasi.

Perlunya melindungi data pribadi,diantaranya untuk menghindari intimidasi online,
menghindari pencemaran nama baik, serta mencegah penggunaan data pribadi dan jual beli data. 

Baca juga: Privasi dan keamanan di dunia digital

Semua aplikasi menawarkan keamanan yang sangat baik, mereka berlomba-
lomba untuk menawarkan keamanannya. 

Tetapi hal yang harus diperhatikan ialah seberapa pentingnya aplikasi tersebut bagi kita serta sesuaikan kebutuhan aplikasi tersebut dengan keperluan yang dibutuhkan. 

Salah satu hal positif saat yang dapat dilakukan saat bermedia sosial, antara lain membuat konten bermanfaat, tidak mengandung SARA, tidak provokatif, konten yang mendidik, serta tidak merugikan diri sendiri dan orang lain. 

Dengan literasi digital, para siswa bisa belajar lebih cepat dan menyelesaikan materi yang sedang didiskusikan dengan waktu singkat serta mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan dengan cepat.

Infodemik yangg beredar saat ini berupa mal informasi karena ketidak tahuani nformasi yang sebenarnya dan pemuatan berita yang keliru dan disengaja serta mal informasi yang ditujukan untuk merugikan pihakter tentu.

Hati-hatilah dalam bermedia sosial.Sikap teledor akan merugikan diri sendiri. Tingkatkan kemampuan digital agar tidak ketinggalan perkembangan zaman serta terus selektif dalam menerima informasi.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021