Menteri BUMN, Erick Thohir, menyatakan, kunci dari penanganan Covid-19 adalah kebersamaan karena tidak cukup hanya mengandalkan kerja pemerintah.

"Kunci penangan Covid-19 ini adalah kebersamaan," kata dia, didampingi Menteri Perhubungan, Budi K Sumadi, dan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, ketika meninjau isolasi terapung KM Bukit Raya milik PT PELNI, di Terminal Bandar Deli, Belawan, Sabtu (21/8).

Baca juga: KM Bukit Raya diharapkan tampung warga isoman

Ia menerangkan, masyarakat di Tanah Air juga harus mendukung program-program pemerintah, sehingga masalah Covid-19 bisa teratasi secara baik.

Ia contohkan, salah satunya adalah isolasi terapung yang merupakan kerja sama pemerintah pusat dengan pemerintah daerah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona.

"Isolasi terapung ini, penting sekali dapat dukungan masyarakat. Kepada warga Medan terkonfirmasi positif, jangan ragu bergabung di tempat isolasi terapung karena standar pelayanannya kami jaga secara baik," katanya.

"Selain itu, isolasi terapung ini juga menjaga agar tidak terjadi penularan semakin banyak. Karena tingkat kematian masih terjadi dimana-mana," ucap dia. 

Sumadi mengatakan, selama ini isoter hanya ada di darat, namun kini juga dilakukan di laut menggunakan kapal laut yang sedang tidak beroperasi.

"Ini sudah pernah kita coba di Makassar, dan sukses besar. Dari 50 orang yang sudah diuji, dalam waktu lima hari bisa sembuh. Adanya udara mengandung klorin dapat membantu penyembuhan lebih cepat," ucap dia.
 

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021