Suasana Kota Medan sebagai Ibukota Provinsi Sumatera Utara, tampak sepi saat libur Tahun Baru 1443 Hijriah, Rabu (11/8).

Sejumlah jalan protokol di daerah tersebut kelihatan sepi, mobil pribadi, sepeda motor, mobil angkutan umum dan becak mesin tidak begitu banyak yang beroperasi.

Pemantauan di beberapa jalan di Kota Medan yang kelihatan sepi itu, yakni Jalan Diponegoro, Jalan Imam Bonjol, Jalan Raden Saleh, Jalan Balai Kota, Jalan Putri Hijau, dan beberapa jalan lainnya di Kota Medan yang berpenduduk lebih kurang 2,3 juta jiwa itu.

Baca juga: Warga desa terpencil di Taput kini nikmati listrik 24 jam sehari

Sepinya jalan di Kota Medan, dan warga juga enggan untuk keluar rumah karena Pemerintah Kota Medan masih dalam pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4, untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Selain jalan di Kota Medan sepi, juga toko-toko yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani Kesawan, Jalan Raden Saleh, Jalan Pemuda, Jalan SM Raja, Jalan Yos Sudarso, dan beberapa lokasi lainnya tutup.

Libur Tahun Baru Islam 2021 terkait hari libur Tahun Baru  1443 H pada Rabu ini, telah ditegaskan oleh Kementerian Agama (Kemenag).

Dalam laman resmi Kemenag, Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Kamaruddin Amin mengatakan bahwa pemerintah hanya memindahkan tanggal merahnya dari Selasa, 10 Agustus 2021 menjadi Rabu, 11 Agustus 2021.
 

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021