Sejumlah jenis obat COVID-19 di Tebing Tinggi langka, seperti obat Oseltamivir dan Azrtromicin karena pasokan dari distributor atau Perusahaan Besar Farmasi (PBF) tidak masuk dalam dua pekan terakhir.

Hal ini disampaikan dr. Derlina Nasution, Kabid Yankes Dinkes Tebing Tinggi, Jumat (30/7).

Disampaikan dr.Derlina hal ini terkait dengan kelangkaan obat-obat COVID-19, kita perlu kesiapan di Kota Tebing Tinggi terutama yang di apotek. 

Baca juga: 207 UMKM di Tebing Tinggi dagang lewat daring

Dalam kesempatan ini Dinkes meminta kepada pihak apotik agar menginformasikan dan melaporkan kepada Dinkes terkait kondisi ini. 

Sedangkan untuk masyarakat Tebing Tinggi diharapkan juga jangan terlalu panik menyikapi hal ini karena sampai saat ini persediaan obat COVID-19 masih ada di Puskesmas dan Rumah Sakit di Tebing Tinggi 

Bagi masyarakat yang terpapar COVID-19 dan menjalani Isolasi mandiri segera melapor ke puskesmas terdekat utk di registrasi agar nanti tidak terjadi permasalahan obat-obatan.

"Apalagi saat ini RS di Tebing Tinggi sudah mulai penuh oleh warga yang terpapar positif COVID-19, kami mengimbau mari sama-sama disiplin melaksanakan protokol kesehatan," katanya.

Pewarta: Dhani Elison

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021