Perum Bulog Sumatera Utara sudah menyalurkan beras Cadangan Beras Pemerintah untuk 1.266 keluarga penerima manfaat Program Bantuan Sosial Tunai dan Program Keluarga Harapan di Kota Medan.

“Total beras CBP (cadangan beras pemerintah) yang sudah disalurkan sebanyak 12.660 kilogram untuk 1.266 KPM (Keluarga Penerima Manfaat) Program BST (Bantuan Sosial Tunai) dan PKH (Program Keluarga Harapan)," ujar Pemimpin Wilayah Sumut Perum Bulog, Arif Mandu di Medan, Jumat (23/7).

Sebanyak 1.266 KPM itu merupakan warga Kecamatan Medan Baru dan Medan Timur, Kota Medan.

"Bulog dipastikan memenuhi kewajiban menyalurkan beras CBP untuk KPM BST dan PKH di Sumut yang sudah dimulai," ujarnya yang didampingi Kabid Operasional Pelayanan Publik, Erlina Wita.

Baca juga: Bulog Sumut jamin stok beras di tengah penyaluran beras bantuan sosial

Untuk Program BST dan PKH di Sumut, totalnya ada 952.531 KPM dengan total beras sebanyak 9.525.310 kilogram

Arif menjelaskan, 952.531 KPM itu terdiri dari KPM PKH 429.183 dengan jumlah beras 4.291.830 kilogram dan KPM BST ada 523.348 sebanyak 5.233.480 kilogram.

Arif menjelaskan, untuk di Sumut KPM Program BST dan PKH itu dilayani Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu Kanwil BULOG Sumut di Kota Medan, Pematangsiantar, Rantauprapat, Kisaran, Padangsidempuan, Gunung Sitoli dan Sibolga.

"Sesuai perintah Presiden melalui Menteri Sosial RI setiap KPM menerima 10 kg beras," katanya.

Diharapkan, KPM yang datanya sesuai data bay name bay address (BNBA) atau sesuai nama dan alamat yang diberikan Kementerian Sosial kepada Bulog, bisa terbantu khususnya di tengah pandemi COVID-19.

"Penyaluran ke KPM itu akan terus dilakukan hingga sesuai jumlah yang ditetapkan pemerintah untuk Sumut," katanya.

Penyaluran bantuan beras itu dilakukan melalui mekanisme penyaluran CBP yang telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan dan Menteri Sosial.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021