Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Pelita Harapan, Marfesio Sevyone Luhukay memaparkan banyak dampak positif dan negatif internet bagi anak.

Hal itu ia smapaikan pada webiner Literasi Digital untuk Labuhanbatu, Rabu, 14 Juli 2021.Pada sesi Keamanan Digital Marsefio memaparkan tema “Peran Orang Tua Dalammemberikan Ajaran Tentang Keamanan Untuk Anak:

Marsefio menjelaskan dampak positif internet untuk anak seperti, sarana belajar, memudahkan mencari informasi, menumbuhkan kreativitas, dan mengenal dunia lebih luas. 

Sedangkan dampak negatif internet bagi anak mencakup, korban perundungan, perubahan pribadi menjadi pemarah, kelelahan mental, disesatkan dengan berita atau informasi hoax, dan cenderung mengisolasi diri. 

Baca juga: Mengenal jenis-jenis mesin pencarian di internet

Peran orang tua dalam meberikan ajaran tentang keamanan digital untuk anak antara lain, pendampingan atau menjadi rujukan bagi anak, beri waktu khusus, ajari anak melindungi privasi  data diri dan keluarga.

Berkomunikasi secara intens, serta ajari anak untuk membuat konten yang positif untuk mengambangkan bakat sehingga berdampak positif untuk dirinya, keluarga, bangsa, dan Negara. 
Literasi digital menjadi tugas bersama antara Pemerintah, industry, sekolah, keluarga, dan masyarakat. Ajari anak untuk bijak bermedia sosial, pendidikan media literasi mulai dari rumah.

Webinar diakhiri oleh Fahrunnisa Dhea (Infulencer dengan Followers 10,6 Ribu). Dhea menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat para narasumber berupa, pentingnya berkawan, berkarya, dan berbagi di Tanah Indonesia. 

Perkembangan teknologi komunikasi yang menjadikan segala sesuatunya serba digital bagi anak, menghasilkan dua dampak yaitu positif dan negatif. 

Merubah mindset konsumtif menjadi produktif, dari pasif jadi aktif, dan dari menonton menjadi memproduksi. 

Konten kreator harus dapat mengidentifikasi target audience, tetapkan tujuan, sehingga platform yang dipilih akan sesuai dengan target audiencenya. 

Serta, jaga identitas pribadi dengan tetap berhati-hati dalam mengisi data apapun dan dimana pun, juga tidak mudah termakan hoax.

Pewarta: Rilis

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021