Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Utara mengapresiasi program donor darah yang rutin dilakukan warga atau penghuni Vasaka The Reiz Condo Medan.

Ketua PMI Sumatera Utara, Rahmat Shah, melalui keterangan tertulis di Medan, Kamis (1/7), mengatakan, kegiatan donor darah yang dilakukan warga atau penghuni Vasaka The Reiz Condo Medan sangat diapresiasi.

Apalagi dilakukan sedang dalam pandemi COVID-19 yang membuat stok darah berkurang akibat banyak pendonor takut mendonor. Sebaliknya kebutuhan darah juga sedang meningkat hingga dua kali lipat dari hari normal akibat COVID-19.

"Tidak ada yang perlu diragukan dalam mendonor darah di tengah COVID-19 karena protokol kesehatan diterapkan seperti donor darah di Vasaka The Reiz Condo Medan," ujar Rahmat Shah yang menyaksikan kegiatan donor darah dengan penerapan protokol kesehatan yang cukup ketat.

Dia menyebutkan, kebutuhan darah di Medan sekitar 1.000 kantong per bulan. Ada pun golongan darah yang masih langka adalah golongan darah AB.

Public Relations Vasaka The Reiz Condo Medan, Lidya Tamara, menyebutkan kegiatan donor darah yang dilakukan di lantai 15 Stellar Party Garden Vasaka The Reiz Condo Medan di Jalan Tembakau Deli itu dalam rangka memperingati HUT Kota Medan ke-431.

"Selain memperingati HUT Kota Medan, donor darah itu dibuat untuk mempererat hubungan antara penghuni di apartemen Vasaka The Reiz Condo Medan," katanya.

Acara donor darah itu dilakukan terbatas untuk penghuni apartemen saja dengan perhitungan juga untuk menekan angka penyebaran COVID-19.

Lidya Tamara menyebutkan, donor darah di awal Juli 2021 ini merupakan yang kedua kalinya. "Penghuni apartemen yang sudah ada sekitar 80 persen itu ingin berkontribusi dalam penyediaan darah untuk PMI sehingga mereka semua antusias mendonorkan darahnya," katanya.

Bahkan rata-rata pendonor darah itu masih muda dengan umur sekitar 25-30 tahun.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021