Tim Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kota Medan tampil sebagai juara umum dalam seleksi atlet panahan Pelatda Jangka Panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut yang berakhir Minggu (20/6) di Stadion Mini Disporasu Jalan Willem Iskandar Medan.

Perpani Medan berhasil mendulang 6 emas, 5 perak dan 4 perunggu. Emas diraih Raissa Arumdafta Rinaldi di kelas recurve putri jarak 70 m di nomor total, sedangkan M Hafis Raihan meraih 2 emas kelas recurve putra jarak 70 m di nomor total dan aduan. 

Selain itu emas di kelas standar bow putri jarak 50 M diraih Ean Santa Ginting dan 2 emas diraih M Dafta di nomor total dan aduan.

Peringkat kedua diraih Perpani Tebingtinggi dengan torehan 6 emas, 4 perak dan 6 perunggu. sedangkan posisi ketiga Perpani Deliserdang dengan meraih 3 perak dan 2 perunggu.

Sekretaris Umum Perpani Sumut, Rahmad Purba, mengatakan, dari 40 atlet yang mengikuti seleksi tersebut, terjaring sebanyak 12 atlet. Mereka adalah peraih emas di seleksi itu yang  didominasi atlet Perpani Medan dan Tebingtinggi. 

Mereka yang lolos seleksi akan dilihat lagi peringkatnya secara nasional. Kita tetap berkoordinasi dengan KONI Sumut untuk penentuan atlet yang tergabung dalam Pelatda Jangka Panjang PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

Ia menambahkan, intinya hasil seleksi ini sangat membanggakan karena mengalami peningkatan. Pasalnya jika dibandingkan hasil Kejurnas dan PraPON 2019, dua atlet putri panahan Sumut menempati peringkat 5 nasional atas nama Raissa Arumdafta Rinaldi di kelas recurve dan Ean Santa Ginting di kelas standar bow.

Sebelumnya atlet putri panahan Sumut menduduki peringkat 18 nasional. Untuk atlet putra masih bertahan di peringkat kedua nasional.

"Atlet yang dinyatakan lolos nantinya akan mengikuti pelatda jangka panjang yang dipersiapkan untuk PON XXI/2024 Aceh-Sumut. Bagi atlet yang mengikuti Pelatda jangka panjang tetap berlaku degradasi dan promosi. Jika dalam pembinaan selama pelatda prestasi atlet menurun, maka Perpani Sumut mencari penggantinya pada seleksi tahap kedua sebagai persiapan menuju Kejurnas Panahan pada tahun 2022," katanya. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021