Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sumatera Utara, selaku pengelolah Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP), menerima 81 atlet pelajar baru untuk dibina di pusat pelatihan tersebut.

Kabid Pembudayaan Olahraga Dispora Sumut Dahliana di Medan, Sabtu (19/6) mengatakan 81 atlet pelajar baru itu terjaring melalui seleksi yang dilaksanakan mulai 31 Maret hingga 4 Juni 2021.

Para atlet tersebut berasal dari berbagai kabupaten kota di Sumut, diantaranya Medan, Karo, Tebingtinggi, Taput, Simalungun, Deliserdang, Padangsidempuan, Tapsel, Labuhanbatu, Langkat, Pematangsiantar, Binjai, Asahan, Humbahas, Tanjungbalai, Labusel, Dairi dan Sergai.

Baca juga: Ratusan atlet ikuti seleksi PPLP Sumut

Atlet-atlet baru itu nantinya bergabung dengan sebelas cabang olahraga yang dibina di PPLP Sumut, yakni atletik, angkat besi, karate, tinju, wushu sanda, panahan, gulat, judo, taekwondo, pencak silat dan sepak bola.

Dahliana menyebutkan atlet-atlet yang baru direkrut itu termasuk sebagian atlet PPLP Sumut yang sudah menamatkan studi mereka.

Sebelumnya, seleksi yang digelar diikuti lebih dari 400 atlet pelajar dari seluruh kabupaten kota di Sumut. Dari hasil seleksi, terjaring 81 atlet baru, sehingga total atlet yang bergabung di PPLP Sumut saat ini sebanyak 155 orang dari sebelas cabang olahraga.

"Atlet-atlet yang terpilih diharapkan sudah bergabung dan menjalani latihan di PPLP Sumut mulai Juli 2021," kata Dahlia di Medan, Sabtu.

Sementara itu, Kasi Olahraga Pendidikan Dispora Sumut John Erick Purba mengatakan para atlet yang terpilih itu sudah bergabung di PPLP Sumut setelah dinyatakan lolos tes fisik, kesehatan, psikologi dan kecabangan.

Menurut dia, perekrutan atlet baru PPLP Sumut pada tahun ajaran ini bernilai strategis, karena mereka tidak hanya dipersiapkan untuk menghadapi kejuaraan olahraga tingkat pelajar nasional, tetapi juga menjadi atlet yang akan memperkuat Sumut pada PON XXI/2024 Aceh-Sumut.

"Daftar nama atlet yang lulus seleksi akan dikirimkan ke Dispora atau dinas terkait di masing-masing kota kabupaten," pungkas John. 

Pewarta: Juraidi

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021