Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan menyelenggarakan peringatan malam Nuzulul Quran bersama mantan Menteri Agama Republik Indonseia (RI) Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawar, MA.

Peringatan nuzul Quran yang dilakukan usai melakukan sholat tarwih di Masjid Agung H. Achmad Bakri Kisaran, Rabu malam (28/04/21) tersebut kata Bupati Asahan H. Surya, BSc mengucapkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat kabupaten Asahan atas kerjasamanya dalam menciptakan suasana kondusif di Bulan Ramadhan ini.

“ Mari terus kita pelihara kesyahduan bulan ramadhan sampai hari-hari terakhir. Kita tingkatkan amal ibadah sehingga prediket taqwa dapat kita peroleh,” ujar Surya.

Bupati juga mengatakan ada 3 makna yang terkandung dalam peringatan Nuzulul Quran, yang pertama, membudayakan masyarakat membaca kitab suci Alquran. Kedua, masyarakat mampu menguasai ilmu dan teknologi serta yang ketiga masyarakat dapat berpikir logis dan bertindak sesuai dengan hukum.

“Mari kita pupuk terus membaca Alquran sejak dini dan dijadikan kebiasaan sehari-hari masyarakat. Bukan hanya sekedar dapat membaca, masyarakat juga harus tahu arti dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” ungkap Surya, sembari mengatakan nuzulul quran juga mempunyai makna pemersatu umat, sebagai sumber dan pedoman umat yang utama, umat Islam seluruh dunia membaca Al-Qur'an dengan cara dan bahasa yang sama.

Sementara itu, Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al-Munawar isi tausiyahnya menyampaikan, jika sering membacakan lantunan ayat suci Alqur'an dan menghafalnya, maka semakin bertambah kecintaan kita kepada Alqur'an tersebut dan Allah SWT akan memuliakan ummatnya dunia dan akhirat. “ Momen ini untuk membangkitkan dan mengembalikan Kabupaten Asahan pada masa kejayaannya, dimana pada saat itu banyak para hafizh dan hafizha, qori dan qoria yang berasal dari Kabupaten Asahan,” sebut Surya.

Ketua LPTQ Provinsi Sumatera Utara (Provsu) Asren Nasution mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Asahan yang telah menyambut pihaknya dengan baik di Kabupaten Asahan dengan memberikan fasilitas, dalam menggelar setiap kegiatan yang dilaksanakan di Kabupaten Asahan yang dimulai sejak pagi sampai dengan malam hari ini.

Pewarta: Indra Sikumbang

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021