Perusahaan Listrik Negara (PLN) memberikan pelayanan prioritas untuk Pabrik Kelapa Sawit (PKS) dan Kebun PTPN IV sebesar 19 MVA.

Senior Executive Vice President (SEVP) Operation II PTPN IV, Joni Raja Siregar, Rabu (10/3), mengatakan dengan layanan tersebut pasokan listrik ke kebun PTPN IV yang sebelumnya terbatas 6 jam sehari kini menjadi hingga 24 jam.

Ia menyebutkan bahwa kerja sama ini merupakan wujud sinergi antar-BUMN untuk mendukung pembangunan nasional.

Baca juga: Petugas PLN ULP Tanjung Pura meninggal karena sakit

"Kami berterima kasih kepada PLN atas dukungan kepada PTPN IV, ini merupakan wujud sinergi antar-BUMN," ujarnya.

Joni menjelaskan, dengan kerja sama ini PTPN IV dapat menekan biaya produksi akibat pemakaian genset berbahan bakar diesel. Sebelumnya PTPN IV menggunakan sumber energi dari genset diesel dengan durasi pemakaian yang terbatas dan biaya tinggi, namun setelah menggunakan listrik PLN dapat menekan biaya produksi sekaligus meningkatkan produksi pabrik.

"Saat ini PLN dan PTPN IV terus berkoordinasi dalam merealisasikan target pemanfaatan layanan PLN untuk 16 PKS serta 33 kebun yang tersebar di wilayah Sumatera Utara," katanya.

Sementara itu, General Manajer PLN UIW Sumatera Utara Pandapotan Manurung mengapresiasi kepercayaan PTPN IV untuk memanfaatkan layanan PLN. "Sejalan dengan komitmen PLN untuk tumbuh bersama pelanggan, kami terus berusaha meningkatkan layanan," ujarnya.

Pandapotan menjelaskan, saat ini daya mampu sistem kelistrikan Sumatera Utara dalam kondisi surplus. "Jangan khawatir atas ketersediaan pasokan listrik karena saat ini sistem kelistrikan Sumut surplus.Kami persilakan pelanggan untuk berinvestasi dan mengembangkan bisnis di Sumatera Utara," katanya.

Pewarta: Munawar Mandailing

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021