Bukit Panomboman yang ada di Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara, Sibolga, Sumatera Utara Sibolga terbakar, Minggu (22/1) malam.

Menurut Kapolres Sibolga AKBP Triyadi melalui Kasubbag Humas, Iptu R Sormin, kebakaran itu terjadi Minggu sekira pukul 19.00 WIB.

“Hingga tengah malam api belum bisa dipadamkan, tapi dari hasil pemantauan, api sudah terlihat mengecil. Dan penyebabnya diduga karena cuaca yang esktrem saat ini,” kata Sormin, Senin (22/2).

Baca juga: Kebakaran di Sibolga hanguskan 8 kios

Sormin menjelaskan, sulitnya medan menuju lokasi membuat proses pemadaman terkendala. Karena 4 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) milik Pemerintah Kota (Pemkot) Sibolga yang turun untuk memadamkan api tidak dapat menjangkau lokasi kebakaran. Sehingga Personel Damkar terpaksa memilih siaga (standby) di tempat tertentu, berjaga mengantisipasi rembesan api semakin meluas.

“Jarak lokasi kebakaran ke jalan raya lebih kurang 700 meter, sementara selang Damkar tidak cukup menjangkau lokasi,” ungkap Sormin.

Atas peristiwa itu, Sormin kembali mengimbau masyarakat agar di tengah cuaca ekstrem seperti sekarang ini jangan melakukan pembakaran sampah sembarangan. Karena sudah banyak kasus kebakaran karena kelalaian. Selain itu juga pihak Polres meminta agar jangan membuang puntung rokok yang menyala apalagi di lokasi perbukitan.

 

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Akung


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021