Universitas Sumatera Utara (USU) dinilai memiliki potensi yang cukup besar untuk mendukung pembangunan pariwisata Sumatera Utara dengan berbagai potensi yang di miliki perguruan tinggi negeri itu.

"Jika ingin mengambil peran yang lebih besar dalam pembangunan pariwisata di Sumatera Utara, sebenarnya USU memiliki potensi dalam sejumlah bidang," kata Anggota Dewan Riset Daerah (DRD) Sumatera Utara, Solahuddin Nasution di Medan, Rabu (6/1).

Adapun bidang yang dimaksud Solahuddin antara lain bidang wisata edukasi, wisata kesehatan, dan wisata agro.

Misalnya untuk potensi wisata edukasi. Tidak perlu diragukan lagi bahwa kiprah USU di dunia pendidikan sebagai kampus tertua di Sumatera memiliki pakar-pakar dan tenaga terampil berpengalaman dengan berbagai macam latar belakang disiplin ilmu dan didukung oleh fasilitas pendukung.

Bidang wisata kesehatan, lanjut Solahuddin, USU memiliki rumah sakit yang dikelola sendiri dengan fasilitas yang memadai.  

"Jika ini dikembangkan bukan tidak mungkin menjadi salah satu tujuan masyarakat dari luar kota bahkan dari negara tetangga sambil menikmati wisata dan belanja di Kota Medan," katanya.

Sedangkan potensi wisata agro, menurut dia jenis wisata ini dimaknai sebagai aktivitas wisata yang melibatkan penggunaan lahan dan komoditas pertanian atau fasilitas terkait yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Dalam hal ini USU memiliki lahan perkebunan yang cukup luas. Bila dalam pengembangannya diarahkan pada pengembangan potensi wisata agro dapat menjadi destinasi yang menarik. 

Apa lagi tren tujuan wisata setelah adanya pandemi ini adalah objek-objek wisata  berbasis alam (nature base tourism).

"Nah, ketiga model jenis wisata ini dapat dikemas dalam satu paket wisata menarik dengan menyasar segmen pasar yang cukup luas," kata Solahuddin yang juga menjabat sebagai Ketua Assiciation of The Indonesian Tours & Travel Agencies (ASITA) Sumut.

Selain itu, USU juga memiliki wisma internasional sebagai jasa akomodasi yang bisa ditawarkan dan dikelola secara profesional. 

Kemudian USU juga mengelola Program Studi Perjalanan Wisata yang diperuntukkan guna mencetak dan menyiapkan tenaga terampil dalam mendukung SDM di dunia pariwisata.

"Tentunya saya tegaskan lagi, jika potensi-potensi ini dikembangkan USU bisa memberikan kontribusi yang lebih besar lagi untuk pembangunan pariwisata Sumut," katanya.

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2021