Pemkot Medan bersama Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan, dan Kodim 0201/BS mendukung pengamanan dengan menempatkan personel di gereja maupun posko komando taktis dalam memberikan rasa aman bagi umat Kristiani melaksanakan Natal dan Tahun Baru 2021.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Medan, Renward Parapat di Medan, Senin (14/12), mengatakan, pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 dengan menurunkan petugas dari unsur Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Perhubungan (Dishub), dan Dinas Kesehatan (Dinkes) di seluruh posko komando taktis yang ada.

"Untuk pos-pos terkait pelayanan angkutan, termasuk terminal. Selain petugas Dishub, kita juga akan memperbantukan petugas Dinkes guna memberikan pelayanan kesehatan bagi umat Kristiani yang pulang kampung melaksanakan ibadah Natal dan tahun baru di kampung halaman," kata dia.

Baca juga: BI Sumut perkirakan liburan Natal butuh uang tunai Rp3,94 triliun

Hal ini disampaikan Renward mewakili Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution disela-sela Rapat Koordinasi Penanggulangan Cipta Kondisi Keamanan Sumut tentang Antisipasi Terhadap Situasi Kondisi Jelang Pelaksanaan Natal dan Tahun Baru 2021 di Wilayah Sumut Pada Masa Pandemi COVID-19.

Pada rapat dipimpin Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang diwakili Sekdaprov Sabrina, ia mengungkapkan, Kemenag telah mengeluarkan Surat Edaran No.23/2020 tentang Panduan Penyelenggaraan Kegiatan Ibadah dan Perayaan Natal di Masa Pandemi COVID-19.

"Dalam surat edaran ini, sudah dijelaskan secara rinci bagaimana tata cara pelaksanaan ibadah Natal. Kita juga sudah disampaikan ke Kemenag, termasuk rumah ibadah. Kami telah berkoordinasi dengan Kemenag Kota Medan tentang surat edaran tersebut," katanya.

Baca juga: Bulog: Permintaan gula di Sumut meningkat Jelang Natal

Khusus malam pergantian tahun, jelas dia, seluruh camat telah diinstruksikan agar saling berkoordinasi dengan pihak polsek dan koramil setempat guna melakukan penjagaan maupun pengamanan di wilayah masing-masing, termasuk gereja.

"Biasanya masyarakat ramai di seputaran Lapangan Merdeka menyambut malam pergantian tahun. Untuk mengantisipasi terjadinya keramaian, kita bekerja sama dengan Polrestabes Medan, Polres Pelabuhan Belawan serta Kodim 0201/BS untuk mengingatkan masyarakat agar tidak berkumpul karena pandemi COVID-19 masih berlangsung sampai saat ini," ungkap Renward.

Pewarta: Muhammad Said

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020