Keberadaan hotel dan objek wisata di Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, mulai menggeliat walaupun belum diberlakukan tatanan normal baru. Namun setelah diumumkannya Kabupaten Tapanuli Tengah masuk dalam zona hijau COVID-19 oleh Gugus Tugas Pusat dan diperkenankan melakukan kegiatan normal, aktivitas warga di daerah itu sudah menggeliat.

Sementara itu menurut Bupati Tapanuli Tengah, Bakhtiar Amhad Sibarani yang dikonfirmasi beberapa waktu lalu menyampaikan, bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk teknis dari Gugus Tugas Pusat terkait penerapan tatanan normal kembali. Pun demikian Bupati tetap mengingatkan agar masyarakat wajib mematuhi protokoler kesehatan COVID-19 dengan memakai masker, jaga jarak dan rajin cuci tangan pakai sabun.

Baca juga: Rekonstruksi pembunuhan istri oknum TNI berlangsung aman

Seiring dengan itu geliat ekonomi khusus perhotelan dan objek wisata di Pandan mulai menggeliat. Berdasarkan pantuan di lapangan, sejumlah pantai yang ada di Pandan mulai ramai dikunjungi tamu. Demikian juga dengan hotel.

Head Marketing PIA Hotel Pandan, Dina Siagian, yang dikonfirmasi ANTARA, Minggu (7/6) mengungkapkan, bahwa jumlah penghuni hotelnya mulai ada peningkatan walaupun belum seramai dulu.

Baca juga: Bupati salurkan 57 ton pupuk dan benih padi untuk 55 poktan di Tapteng

“Peningkatan itu ada, apalagi saat lebaran kemarin. Dan beberapa hari ini ada juga penambahan tamu, tapi jumlahnya masih jauh dibanding masa normal dulu. Hanya saja dengan adanya peningakatan jumlah tamu, pihaknya sudah bisa mulai mempekerjakan karyawannya yang sempat dirumahkan walaupun sistemnya bergantian,” ungkapnya.

Untuk itulah ia berharap agar pengunjung atau tamu hotel semakin banyak yang datang ke Tapteng, agar kamar hotelnya dapat terjual dan karyawannya dapat dipekerjakan kembali secara keseluruhan.

Demikian juga para pengelola tempat wisata mengharapkan hal yang sama. Karena mereka sudah merasakan hampir 4 bulan ekonomi mereka lumpuh karena tidak ada pengunjung.

“Sejak lebaran kemarin jumlah pengunjung sudah mulai berdatangan, dan itu membawa angin segar bagi kami pelaku wisata yang ada di Pandan ini. Dan harapan kami agar masyarakat semakin ramai datang untuk berlibur atau menikmati keindahan pantai yang ada di Pandan ini,” harap sejumlah pengelola objek wisata yang ada di Pandan.

Pewarta: Jason Gultom

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020