Wali Kota Binjai Muhammad Idaham SH MSi menerima kunjungan Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Sumatera Utara Brigjend Pol Drs Atrial SH M.H beserta rombongan menyempatkan diri untuk hadir dan bertatap muka.

"Tentunya kunjungan ini merupakan sebuah kehormatan yang sekaligus menambah motivasi Pemkot Binjai dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawab," kata Muhammad Idaham, di Binjai, Senin.

Baca juga: Ini nama-nama korban tabrakan di Jalinsum Binjai

Ia mengatakan sebagaimana dipahami bersama permasalahan narkotika merupakan satu dari sekian permasalahan global yang menjadi perhatian serius. Penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika menjadi isu yang strategis bagi masyarakat dunia.

Kejahatan narkotika yang merupakan kejahatan serius, terorganisir dan bersifat lintas negara yang dapat menimpa seluruh lapisan masyarakat, sehingga menimbulkan kerugian sangat besar, terutama dari segi kesehatan, sosial ekonomi serta keamanan.

Baca juga: Tabrakan dump truck kontra dump truck timpa odong-odong satu meninggal dunia

"Pemerintah Kota Binjai menganggap bahwasanya narkoba adalah kejahatan yang luar biasa sehingga apapun yang kami bangun buat Kota Binjai jikalau sumber daya manusia terpapar narkoba yang tinggi di kota ini artinya tidak ada gunanya" ujar Idaham.

Idaham juga menambahkan kami berusaha melakukan pendekatan pencegahan melalui Catin (Calon Pengantin) bersama Kepala BNN Kota Binjai.

Dimana setiap calon pengantin di Binjai ini harus mengikuti konseling pemeriksaan perkawinan sehingga dapat mengetahui secara terbuka calon suami/istri yang menjadi pengguna narkoba.

Baca juga: Wali Kota Binjai : Mari kampanyekan kesadaran gizi

Kami juga melakukan pendekatan pencegahan melalui forum anak muda seperti genre dan remaja mesjid.

Sementara Kepala BNN Sumatera Utara Brigjend Pol Drs Atrial SH MH menjelaskan untuk wilayah Kota Binjai ini memang daerah yang cukup rawan untuk perlintasan narkoba.

"Narkoba adalah musuh bersama karena itu untuk menyelesaikannya harus bersama tidak bisa kita saja. Hal ini kita mulai pengecekkan & tanggap akan lingkungan sekitar dari rumah tangga kiri dan kanan kita lalu RT/RW sampai ke kelurahan," katanya.

Hadir dalam kesempatan itu Ketua DPRD Binjai H Noor Sri Alamsyah, Kepala BNN Binjai AKBP Suprayogi SH, Kapolres Binjai AKBP Romadhon Sutarjo S.IK, Kalapas Kelas II A Binjai Maju Amintas Siburian dan Kepala Badan Pertanahan (BPN) Binjai Nur Khadijah Lubis.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2020