Warga Kecamatan Wampu, Kabupaten Langkat menuntut agar jalan protokol diaspal dengan melakukan aksi unjuk rasa di depan Kantor Kecamatan Wampu, Senin.

Warga yang berunjuk rasa itu berasal dari Aliansi Masyarakat Wampu Kabupaten Langkat dipimpin oleh M Sardani (koordinator aksi) dan diikuti sekitar 30 orang massa menuntut penjelasan Camat Wampu atas pengaspalan jalan protokol di Kecamatan Wampu.

Aksi berlangsung dengan aman dan kondusif, serta perwakilan massa diterima oleh pihak Forkopimcam Wampu untuk melaksanakan mediasi.

Dalam kesempatan itu warga menuntut kejelasan Camat Wampu tentang pengaspalan jalan protokol Wampu pada bulan Nopember 2019, meminta Camat untuk menyelesaikan permasalahan jalan protokol Wampu yang menjadi keresahan masyarakat, meminta di aspal/hotmix bukan sertu atau tanah lumpur.

Aliansi masyarakat Wampu juga mengutuk keras segala macam proyek yang merugikan masyarakat yakni merusak badan jalan, truk angkutan yang melewati kapasitas jalan, sambil mereka membakar ban bekas, kayu, selain itu massa juga melarang bagi masyarakat pengguna jalan untuk tidak melintas di Jalan T M Daud depan Kantor Camat Wampu tersebut.

Selanjutnya Camat Wampu Syamsul Adha menerima para pengunjukrasa dan menyampaikan bahwa pihaknya telah membuat daftar usulan permohonan prioritas terkait proyek jalan hotmix di Kecamatan Wampu namun yang tereleasisasi hanya rehab gedung kantor Camat.

Pihaknya juga telah berkomunikasi dengan perusahaan yang ada di Kecamatan Wampu dan akan segera dilakukan perbaikan jalan oleh pihak PT LNK dan PT Pertamina, katanya.

Syamsul menjelaskan bahwa tidak memiliki kewenangan terkait adanya kendaraan muatan melebih tonase dan saya akan menyurati Dinas Perhubungan yang mempunyai kewenangan terhadap kendaraan muatan lebih sehingga apabila adanya jalan hotmix maka akan di buat portal.

Dari pertemuan itu disimpulkan pihak eksekutif dan legislatif kita dorong bersama agar memprioritaskan pembangunan jalan di Kelurahan Bingai guna disetujui oleh Bupati Langkat dan DPRD, proyek jalan di Kelurahan Bingei akan kembali di usulkan oleh pihak Camat Wampu di APBD Tahun 2020.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019