Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) akan mewisuda sebanyak 2.498 lulusannya selama tiga hari, 12-14 November 2019 yang digelar di Gedung Selecta, Jalan Listrik, Kota Medan.

Acara wisuda akan turut dihadiri Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Dr. H. Agung Danarto, M.A, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah I Sumut Prof Dian Armanto, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut, Badan Pembina Harian UMSU, PW Aisyiyah,Ortom tingkat wilayah, lembaga kemahasiswaan, Kopertais Wilayah IX serta Aptisi Sumut.

Sekretaris Panitia Wisuda Dr. Rudianto yang juga Wakil Rektor III UMSU di Medan, Senin, mengatakan jumlah lulusan yang diwisuda periode II  2019/2020 itu disesuaikan dengan jumlah mahasiswa yang masuk sehingga tetap memenuhi rasio kecukupan dosen.

Berdasarkan program akademik, setiap mahasiswa diharapkan bisa menyelesaikan kuliah tepat waktu sehingga tidak ada lagi istilah mahasiswa abadi karena sesuai ketentuan masa studi S1 dan S2 yakni tujuh tahun. 

"Untuk itu setiap mahasiswa harus benar-benar serius mengikuti perkuliahan sehingga tidak ada mata kuliah yang tertinggal yang bisa jadi menambah lama masa studi," katanya.

Demikian juga dengan mahasiswa yang aktif dalam berbagai kegiatan, termasuk para atlet berprestasi. Sudah seharusnya prestasi di luar akademik diimbangi dengan tidak melupakan kewajiban menuntut ilmu di perkuliahan karena pendidikan tetap menjadi modal penting untuk masa depan. 

"Setiap mahasiswa diharapkan mampu menyelesaikan kuliahnya tepat waktu sesuai masa akademik selama 3,5 sampai 4 tahun untu S-1 dan 1,7 tahun untuk S-2," katanya.

Ia menjelaskan terkait dengan wisuda UMSU panitia menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat karena terganggunya sejumlah ruas jalan di sekitar lokasi wisuda selama tiga hari. 

Untuk itu diharapkan masyarakat yang melintas di seputaran Jalan Listrik bisa menempuh jalan alternatif.

"Kami sebagai panitia menyampaikan maaf sebesar-besarnya  kepada masyarakat pengguna jalan sekiranya selama tiga hari pelaksanaan wisuda di Gedung Selecta terjadi kemacetan di seputaran Jalan Listrik," katanya.
 

Pewarta: Juraidi

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019