Sekdakab Langkat Indra Salahuddin membuka acara Bursa Inovasi Desa Kabupaten Langkat Klaster Teluk Aru tahun 2019, dengan ditandai dengan pemukulan Gong, di Gedung DWP Pertamina Pangkalan Brandan.

Indra berharap agar setiap pemerintah desa yang mengikuti kegiatan ini, dapat memanfaatkannya dengan mencermati setiap inisiatif dan inovasi yang ditampilkan, sehingga dapat  diadopsi dan direplikasi, untuk dikembangkan di desa masing-masing. 

Sehingga dapat meningkatkan pendapatan asli desa, sebagai salah satu sumber utama anggaran desa, disamping DD dan ADD dalam menyelenggarakan pembangunan perdesaan.

Sekda juga meminta kepada seluruh SKPD terkait dan Camat beserta seluruh jajarannya, untuk memberikan fasilitasi yang cukup kepada desa, dalam rangka melaksanakan dan mengembangkan program inovasi desa.

Sehingga konstruksi desa ke depan, menjadi desa yang maju, mandiri dan sejahtera. Sebagaimana yang di amanahkan dalam undang-undang desa,  secepatnya bisa tercapai.

Kegiatan ini forum penyebaran dan pertukaran inisiatif atau inovasi-inovasi masyarakat, yang dimaksudkan untuk menjembatani kebutuhan pemerintah desa. 

Bursa inovasi desa ini juga bertujuan untuk menginformasikan rencana kegiatan pembangunan desa, serta memperkenalkan inisiatif atau inovasi masyarakat di desa-desa, dalam menyelesaikan masalah dan menjalankan kegiatan pembangunan, dengan mengedepankan penggalian dan pengelolaan setiap potensi yang dimiliki, secara arif dan bijaksana. 

Pelaksana Pemerintahan Masyarakat Desa Musti Sitepu mengatakan, kegiatan ini dikelola  oleh tim program inovasi desa di masing-masing klaster dengan dukungan dan kordinasi kepada dinas PMD Langkat dan sejumlah unsur dinas terkait. 

 Kegiatan ini dilaksanakan terpusat (satu tempat) namun ditahun ini berdasarkan Juknis operasional program inovasi desa tahun 2019 dari Kemendes PDTT dilaksanakan per klaster atau di masing-masing wilayah dalam kabupaten. 

"Sehingga kita membagi kegiatan ini menjadi 3 wilayah, yaitu Klaster  Langkat Teluk Aru, Langkat Hilir dan Langkat Hulu, " katanya.

Pewarta: H.Imam Fauzi

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019