Sebanyak 43 mahasiswa program studi Ilmu Sejarah Universitas Sumatera Utara (USU) yang mengambil mata kuliah Jurnalistik Sejarah Praktik Kuliah Lapangan (PKL) ke Berastagi, Selasa (24/9).

Ketua Prodi Ilmu Sejarah Eddy Sumarno, yang menghubungi mengatakan,  kegiatan PKL mahasiswa semester lima mata kuliah jurnalistik sejarah ini di Berastagi mulai 24-25 Sepetember.  
 
"Selama  kegiatan peserta PKL akan melakukan liputan jurnalistik ke beberapa objek sejarah dan wisata seperti Museum Pustaka Karo,  lobang Jepang, pesanggerahan Bung Karno dan ke Gereja Katholik Santo Fransiskus Asisi Berastagi," katanya.

Tujuannya selain implementasi dan penerapan ilmu jurnalistik yang telah mereka pelajari di perkuliahan, juga dimaksudkan sebagai bagian dari pengembangan kurikulum Ilmu Sejarah yang berbasis Kurikulum Kerangka Nasional Indonesia (KKNI).

"Jurnalistik sejarah merupakan salah satu kompetensi profil lulusan Prodi Ilmu Sejarah, sehingga diharapkan ke depan alumninya akan memiliki kompetensi kemampuan teknik menulis jurnalistik di bidang media cetak, media elektronik dan media dalam jaringan (media online)," sebutnya.

Kegiatan PKL seperti ini, kata dia,  merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan mulai tahun akademik 2019/2020. Dari kegiatan ini akan diadakan evaluasi mengenai teknis pelaksanaan dan materi liputan yang sudah diajarkan di kelas.

Sementara Syafruddin Pohan selaku dosen pengasuh mata kuliah dasar-dasar Jurnalistik, metode penulisan jurnalistik dan jurnalistik sejarah pada  Prodi Ilmu Sejarah FIB USU, mengatakan kegiatan PKL ini menjadi sarana pengembangan penguasaan dan kemampuan teknis jurnalistik di bidang Ilmu Sejarah.

Menurut Syafrudiin, dunia media telah berkembang seiring dengan terjadinya konvergensi media yang menuntut pemutakhiran keterampilan teknis jurnalistik yang sesuai dengan perubahan perilaku masyarakat.

"Dengan meningkatkan kompetensi para mahasiswa melalui PKL ini, para lulusan kelak mampu menyajikan liputan sejarah dan budaya yang menarik dan memiliki nilai jual," harapnya.

Kegiatan PKL ini juga melibatkan para dosen senior prodi Ilmu Sejarah seperti Nina Karina Purba dan Juanita Setiana serta sejumlah alumni prodi sejarah yang menambahkan, kegiatan PKL ini juga diarahkan untuk liputan wisata kuliner di Peceren Berastagi, Pasar Buah dan Pasar Tradisional Berastagi.

Pewarta: Kodir Pohan

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019