PT Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I menyalurkan bantuan Rp576 juta untuk meningkatkan perlindungan kepada anak-anak.

"Bantuan diberikan dalam peringatan Hari Anak Nasional 2019 dengan tema Peran Keluarga Dalam Perlindungan Anak," ujar General Manager PT Pertamina MOR I, Agustinus Santanu Basuki di Medan, Selasa.

Bantuan itu masing-masing untuk posyandu Belawan Rp136 juta, kemudian bantuan rumah aman perlindungan perempuan dan anak korban kekerasan dalam rumah tangga di Siantar Rp300 juta.

Serta bantuan kantin sehat SMAN 2 Batang Anai, Padang Rp50 juta dan bantuan pemberdayaan ekonomi warga Teluk Kabung, Padang Rp90 juta.

"Bantuan diharapkan memberi kontribusi untuk upaya perlindungan anak," ujarnya.

Peringatan Hari Anak juga dilakukan
Pertamina dengan kegiatan memberikan pengobatan kesehatan anak dan ibu, serta tur edukasi kepada sejumlah anak.

Untuk acara tur edutainment, Pertamina menggandeng komunitas otomotif, Dinas Kesehatan Kota Medan dan Persatuan Wanita Patra (PWP).

Kegiatan Anak Paten (Pintar, Sehat dan Senang) dilaksanakan serentak di tiga lokasi operasi lain yaitu TBBM Pematang Siantar Sumut, serta DPPU Minangkabau dan TBBM Teluk Kabung di Sumatera Barat.

Adapun terkait tentang Posyandu Amanah Kampung Nelayan Belawan, Kelurahan Belawan 1, Medan, ujar Agustinus Santanu Basuki merupakan program CSR TBBM Instalasi Medan Group (IMG).

“Posyandu di Belawan itu masuk program CSR Pertamina berangkat dari kepedulian akan tingkat kesehatan warga dii kampung nelayan tersebut," katanya.

Pertamina MOR I menginisiasi program Sehat Anak Tercinta dan Ibu (Sehati) di kampung nelayan Belawan pada 2015.

‌"Sejak program itu, angka kematian ibu dan anak di kawasan itu mampu dikurangi hingga nol," katanya.

‌Kualitas gizi anakpun meningkat, dengan angka balita Bawah Garis Merah (BGM) yang turun hingga 80 persen.

Pewarta: Evalisa Siregar

Editor : Riza Mulyadi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019