Sebanyak 386 calon jamaah haji asal Kabupaten Mandailing Natal (Madina) yang tergabung dalam kloter lima emberkasi Medan dilepas Wakil Bupati Madina, HM. Ja'far Sukhairi Nasution.

Pelepasan keberangkatan menuju asrama haji Medan ini langsung di lakukan Wakil Bupati Mandailing Natal dari halaman parkir Mesjid Agung Nur Ala Nur, Senin (15/7).

Dalam pelepasan itu turut juga dihadiri oleh Kapolres Madina yang diwakili Kabag Ops, Plt. Sekda, Sahnan Batubara, Ketua Pengadilan Agama Panyabungan, Ketua MUI, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, Kepala OPD dilingkungan Pemkab Madina serta para keluarga jamaah haji 

Calon haji ini akan tiba di Asrama Haji Medan pada pukul 20.00 WIB. Dan akan bertolak ke Mekah melalui Bandara Kualanamu pada tanggal 16 Juli 2019.

Wakil Bupati Madina, HM. Ja'far Sukhairi Nasution dalam pelepasan tersebut mengingatkan kepada calon jamaah haji yang akan berangkat ketanah suci agar menjaga kesehatannya selama menjalankan ibadah suci Mekah.

"Perlu saya ingatkan agar calon jamaah haji selama menjalankan ibadah haji untuk menjaga kesehatannya, karena menurut infomasi terbaru cuaca di Madinah sampai saat ini sudah mencapai 43 derajat celcius," ujarnya.

Selain itu para jamaah juga diharapkan agar selalu mengikuti petunjuk yang di berikan pembimbing mulai berangkat ke Mekkah hingga sampai kembali ke tanah air.

"Kami atas nama Pemerintah meminta kepada calon jamaah haji ini agar mendoakan kita semua yang tinggal di Mandailing Natal agar tentram dan rukun dan terhindar dari bencana," pinta Wakil.

Sementara itu, Kakan Kemenag Madina, dra. Hj. Asrawati Sipahutar, MA menyampaikan, calon jamaah haji yang berangkat ke Medan ini menggunakan angkutan bus ALS  sebanyak 14 bus.

"Seharusnya jamaah haji yang berangkat ini sebanyak 387 orang, namun karena ada satu orang atas nama Jasriani warga Longat Kecamatan Panyabungan Barat mengalami sakit stroke makanya yang berangkat 386,"jelasnya

Untuk jamaah  haji Kabupaten Mandailing Natal sendiri terdapat dua kloter yakni kloter lima dan kloter 17. Kloter 17 ini sendiri akan diberangkatkan pada Sabtu, 27/7.

Baca juga: Desa Pagur hasilkan 10 ton kopi Mandailing setiap bulannya

Baca juga: Madina akan terima bantuan peralatan antisipsi bencana dari BNPB

Pewarta: Holik

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019