Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Padang Lawas Utara menggelar bimtek terkait pembentukan panitia pelaksanaan pilkades kepada para Pelaksana tugas kepala desa dan Badan Permusyawaratan Desa.

Kepala Badan PMD kabupaten Paluta H Ihpan Siregar, Jumat, mengatakan bimtek tersebut pada intinya untuk memberikan pemahaman terkait tata cara pembentukan panitia Pilkades serentak tahun 2019.

Bimtek itu juga memberikan kepastian terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya dalam pelaksanaan pilkades serentak tahun 2019 di kabupaten Paluta. 

"Agar nanti lebih jelas terkait tahapan dan ketentuan teknis lainnya terkait tahapan Pilkades," katanya.

Tahun ini, sesuai dengan instruksi pelaksanaan Pilkades di kabupaten Paluta direncanakan untuk 169 desa yang tersebar diseluruh wilayah Kabupaten Paluta. Namun untuk jadwal pelaksanaannya belum bisa dipastikan.

Untuk itu, Pemkab Paluta berharap agar nantinya para peserta yang terdiri atas pelaksana tugas kepala desa dan BPD sebagai leading sector pembentukan panitia Pilkades agar bekerja lebih profesional dengan tetap menjaga kondusifitas ditengah masyarakat, ucapnya.

"Diharapkan dengan kegiatan ini, tahapan Pilkades dapata terselenggara dengan baik, lancar, aman dan sukses mewujudkan kebersamaan membangun kampung," katanya.

Sementara Kepala bidang Pemerintahan Desa Muzni Lelo Harahap SSTP menyampaikan tahun ini direncanakan 169 desa yang akan melaksanakan Pilkades meskipun belum bisa dipastikan dan masih dalam tahapan penyesuaian dan penyelesaian prosedural.

"Kedepan akan diadakan bimtek terhadap panitia yang sudah terbentuk dalam hal teknis tahapan dan persyaratan pelaksanaan Pilkades nantinya," katanya.


 

Pewarta: Khairul Arief

Editor : Juraidi


COPYRIGHT © ANTARA News Sumatera Utara 2019